BERITA

KPK Titipkan 17 Syarat Calom Pimpinan ke Tim Pansel

"Pelaksana Tugas Pimpinan KPK, Johan Budi mengatakan, 17 syarat tersebut terdiri dari tiga bagian, yaitu kriteria primer, kriteria sekunder dan kriteria pelengkap. "

Ade Irmansyah

KPK Titipkan 17 Syarat Calom Pimpinan ke Tim Pansel
KPK. Foto; Antara

KBR, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan 17 kompetensi atau syarat kepada Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK) dalam menyeleksi calon pimpinan lembaga anti rasuah itu. Pelaksana Tugas Pimpinan KPK, Johan Budi mengatakan, 17 syarat tersebut terdiri dari tiga bagian, yaitu kriteria primer, kriteria sekunder dan kriteria pelengkap.

"Jadi 17 kriteria kompetensi itu berdasarkan kajian KPK 2014. Banyak narasumber yang kita minta wawancara soal sosok pimpinan seperti apa yang cocok dan baik untuk memimpin KPK ke depan. Dari 17 itu ada kriteria yang harus dipunyai," ujarnya kepada wartawan di kantor KPK (9/6/2015). 

Kata dia, kriteria tersebut lahir setelah KPK melakukan kajian dan diskusi dari berbagai macam pihak selama tahun 2014.

“Jadi ada primer, sekunder, dan ada yang sifatnya supporting termaktub didalam 17 kompetensi itu tadi yang ibu Betty sampaikan misalnya soal berani jujur dan lain-lain,” tambahnya.


Pelaksana Tugas Pimpinan KPK, Johan Budi menambahkan, beberapa syarat atau kompetensi yang dimaksud di antaranya berintegritas baik, memiliki keberanian mengambil keputusan yang benar, kemampuan bekerja sama dengan instansi lain, dan kemampuan dibidang hukum seperti penyidikan dan penuntutan.

Sebelumnya, Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (pansel KPK) mendatangi gedung KPK hari ini. Anggota Pansel KPK, Yenti Ganarsih mengatakan, pertemuan hari ini dilakukan untuk mengetahui secara langsung dari pimpinan KPK mengenai tantangan KPK ke depan. Kata dia, dengan ini Pansel bakal mengetahui sosok seperti apa yang dapat memimpin KPK ke depannya.


Editor: Quinawaty Pasaribu

  • Kompetensi
  • KPK
  • Pimpinan
  • pansel kpk

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!