NASIONAL

Jika PK Ditolak, KPK Siapkan Hadi Purnomo Jadi Tersangka Lagi

"Memori PK siap diserahkan maksimal dua hari kedepan"

Stefanno Reinhard

Jika PK Ditolak, KPK Siapkan Hadi Purnomo Jadi Tersangka Lagi
Plt Pimpinan KPK Johan Budi (Foto: Antara)

KBR, Jakarta– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal menerbitkan surat perintah penyidikan baru (Sprindik) untuk menjerat bekas Dirjen Pajak Hadi Purnomo. Pelaksana tugas Pimpinan KPK Johan Budi mengatakan, langkah ini akan dilakukan apabila upaya Peninjauan Kembali (PK) atas putusan praperadilan Hadi Poernomo di MA kalah. Memori PK tersebut akan diserahkan dalam waktu1-2 hari ke depan.

“Jadi kita ingin men-challenge bahwa putusan hakim itu, setelah kita banding lalu ditolak maka KPK melakukan peninjauan kembali. Nah nanti kita lihat PK ini bahwa apa yang diputuskan hakim praperadilan Hadi Poernomo ada semacam penyelundupan hukum karena ia memutuskan melampaui dari apa yang diminta oleh pemohon,” jelas Johan dalam Acara Diskusi Media Anti Korupsi: Membedah Penanganan Perkara di KPK, di Auditorium KPK, Jakarta, Senin (29/6/2015).

Johan Budi menambahkan putusan untuk melakukan peninjauan kembali terhadap hasil putusan praperadilan bekas Dirjen Pajak Hadi Poernomo didasari putusan hakim yang dinilai janggal. Menurut Johan, putusan oleh Hakim Tunggal Haswandi Pengadilan Negeri Jakarta Selatan 26 Mei lalu itu melebihi permohonan Hadi Poernomo atau disebut ultra petita.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengabulkan permohonan praperadilan yang diajukan Hadi Poernomo terhadap KPK. Dalam putusannya, hakim Haswandi menyatakan, penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan KPK terhadap Hadi batal demi hukum dan harus dihentikan. Ini karena penyelidik dan penyidik KPK yang saat itu bertugas mengusut kasus Hadi sudah berhenti tetap dari kepolisian dan kejaksaan.


Sementara itu menurut Jaksa Penuntut KPK, Yudi Kristiana pengusutan kasus keringanan pajak yang diberikan Hadi kepada PT Bank Central Asia akan terus dilakukan. Lantaran, kata dia, praktik tersebut merugikan negara dengan jumlah yang sangat besar dan sebagai langkah awal pengusutan kasus di bidang perpajakan.

“Sebenarnya KPK mulai menginisiasi untuk melakukan penyelidikan keuangan negara yang harusnya masuk ke kas negara. Kemudian konsekuensinya besar, dan potensi kerugian dalam kasus Hadi Poernomo itu berdasarkan hasil penyelidikan sebesar Rp 2,5 triliun,” jelas Yudi.

Editor: Dimas Rizky

  • hukum
  • KPK
  • korupsi
  • hadi poernomo
  • bpk
  • berita

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!