BERITA

Bertemu Jokowi, Tuna Rungu Indonesia Minta Pabrik Khusus Tuna Rungu

uru Bicara Pospera Tuna Rungu Novita Fitri Sari. Foto: KBR/ Aisyah Khairunnisa

KBR, Jakarta – Pusat Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Tuna Rungu Indonesia menemui Presiden Joko Widodo untuk meminta dibangunkan pabrik khusus tuna rungu. Juru Bicara Pospera Tuna Rungu Novita Fitri Sari mengatakan, pilot pabrik tuna rungu ini rencananya khusus untuk produksi garmen atau daur ulang plastik. Novita berharap pabrik tersebut bisa membuka lapangan kerja bagi para tuna rungu. Karena tim manajemen hingga tim teknis akan diawaki oleh para tuna rungu.

“Saya tuna rungu. Saya membantu untuk membela kaum tuna rungu. Saya bertemu bapak Jokowi untuk bisa membantu tuna rungu untuk membuka pabrik untuk memajukan pekerjaan baru. Saya harap bapak Jokowi banyak  perhatian untuk tuna rungu. Lebih memajukan, membantu pekerjaan untuk tuna rungu. Dan mudah-mudahan membantu akan penyandang disabilitas,” kata Novita di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (23/6/2015).

Di kesempatan yang sama Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Jokowi setuju untuk membiayai pembangunan pabrik. Namun ada pula kemungkinan dimodali oleh tim manajemen dari Inggris yang sudah melakukan berbagai proyek untuk kelompok rentan dan penyandang  kesejahteraan sosial.

Selepas pertemuan di Istana siang ini rencananya Pospera Tuna Rungu akan segera mendatangi Kemensos untuk menyusun master plan pabrik. Khofifah berharap pabrik yang awal rencananya akan dibangun di Karawang atau di Bogor ini bisa menampung 500 pekerja tuna rungu Indoesia. Namun, kata Khofifah, Jokowi berharap satu pabrik bisa menampung 4 ribu pekerja.


Editor: Rony Sitanggang

  • tunarungu
  • pabrik khusus tunarungu
  • tuna rungu
  • lapangan kerja bagi tuna rungu

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • mayla dea tomomi9 years ago

    Sy sangat bangga sekali apabila pak jokowi presiden RI ini akan mencanangkan/membuka akses pabrik garmen tuk diperuntukan bagi ank yg tergolong (tuna rungu) krn dampak ini sangat penting sekali bagi ank kami jg tergolong yg sama senasib dgn ank yg lain seperti "tdk bs mendengar" ank sy kini naik kls V sd SLB 03 Jakarta. Ini kutipan seorang ayah dari ank bernama : Mayla Dea Tomomi...yg kini bekerja seorang jurnalis di Media Buser..smpe sy-pun py keinginan tuk membuka akses / sesuatu wadah / perkumpulan / komuditi bagi org atw ank yg tergolong "Tuna-Rungu" sy pikir dgn kemampuan sy terbatas ini saja ingin mengujut kan cita-cita seorang ank bagaimana kelak dewasa nanti akan bisa membangun atw menciptakan Lahan pekerjaan yg sekirana dpt membantu tuk perekonomian bangsa indonesia tuk jenjang masa depan yg cemerlang..bagi ank tergolong tunarungu Menjawab->> pak jokowi akupun bisa & punya segi kemampuan yg sama apabila dibandingkan bagi yg normal..cmn ad beda bagi yg normal bs dengar & bagi sy "tuna-rungu"tdk bs dengar..!! Tlg di dengar bp presiden RI kita yaitu bp Joko Widodo ini adalah slh 1 PERWAKILAN jeritan dari sekian juta kalangan org/ank yg tergolong "TUNARUNGU" di INDONESIA