NASIONAL

Tak Ada Tambah Anggaran Subsidi Pupuk di APBN Perubahan

Tak Ada Tambah Anggaran Subsidi Pupuk di APBN Perubahan

KBR, Jakarta - Kementerian Pertanian tak menambah anggaran untuk subsidi pupuk dalam APBN Perubahan 2014. Sehingga volume pupuk bersubsidi tetap sebesar 7, 78 juta ton. 


Menteri Pertanian Suswono mengatakan meski anggaran tak bertambah, pihaknya menjamin kebutuhan petani akan pupuk tetap terpenuhi. Yakni dengan cara skim kurang bayar. 


Sedangkan untuk menghindari kebocoran, pihaknya menambah dana operasional Komisi Pengawas Pupuk dan Peptisida (KP3) berkisar Rp. 92 juta hingga 750 juta per provinsi. Sementara untuk kabupaten/kota diberikan antara Rp 130 juta hingga Rp 360 juta.


“Harapannya dengan pengetatan itu tidak lagi terjadi kebocoran, kalau toh ada (kebocoran) sangat tipis. Diharapkan kita bisa mendekati volume yang nyata-nyata dibutuhkan petani,” kata Suswono. 


“Kalau kita mengikuti kemauan daerah sih malah volumenya mencapai 13 juta ton lebih. Tapi kita kan lihat dari fakta lapangan,” tambahnya. 


Sebelumnya Suswono menyebut  kebutuhan riil pupuk subsidi tahun ini mencapai hingga 9,2 juta ton. Sementara anggaran pupuk bersubsidi tahun ini yang mencapai Rp. 18 triliun hanya cukup untuk merealisasikan pupuk subsidi yang sudah ditetapkan sebesar 7, 78 juta ton.


Editor: Antonius Eko 

  • pupuk subsidi
  • suswono

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!