NASIONAL

Tahu Keberadaan Widji Thukul, Andi Arief Ditantang ke Komnas HAM

"Staf Khusus Presiden Andi Arief ditantang memberitahukan informasi tentang keberadaan aktifis dan penyair Widji Thukul ke Komnas HAM."

Wiwik Ermawati

Tahu Keberadaan Widji Thukul, Andi Arief Ditantang ke Komnas HAM
Widji Thukul, Penculikan, Andi Arief

KBR, Jakarta - Staf Khusus Presiden Andi Arief ditantang memberitahukan informasi tentang keberadaan aktivis dan penyair Widji Thukul ke Komnas HAM. 


Tantangan ini diungkap adik Widji Thukul, Wahyu Susilo menanggapi tulisan Andi Arief yang menulis kalau penyair Widji Thukul masih hidup. Dalam tulisannya di media sosial dan media nasional, Andi Arief menyebut bekas Anggota Komnas HAM Yoseph Adi Prasetyo alias Stanley mengetahui keberadaan penyair penggerak reformasi 1998 tersebut. 


"Dia ini kan orang yang sekarang menikmati kekuasaan, dan saat ini kekuasaannya sedang goyah. Jadi saya kira kualitasnya sampah, seperti Kivlain Zein. Bersaksilah di Komnas HAM menyatakan itu," kata Wahyu kepada KBR.


Adik penyair dan aktivis Wiji Tukul, Wahyu Susilo juga membantah bila bekas anggota Komnas HAM Yoseph Adi Prasetyo atau Stanley mengetahui keberadaan Widji Thukul.


Penyair Widji Thukul merupakan salah satu aktivis yang menjadi korban penculikan oleh aparat keamanan pada 1998. Hingga kini, tidak jelas bagaimana nasib dan keberadaannya. Widji Thukul merupakan penyair yang dikenal dengan karyanya berjudul "Peringatan". Puisi ini kerap digunakan para aktifis kala menentang pemerintahan Soeharto pada 1998. 


Catatan redaksi: Berita ini sudah kami koreksi dengan judul Soal Widji Thukul, Andi Arief Ditantang Ke Komnas HAM

Editor: Sutami




  • Widji Thukul
  • Penculikan
  • Andi Arief

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!