Setelah Mainan Anak, Pakaian Bayi Juga Wajib Ber-SNI

NASIONAL

Rabu, 11 Jun 2014 14:20 WIB

Author

Eli Kamilah

Setelah Mainan Anak, Pakaian Bayi Juga Wajib Ber-SNI

produk, SNI, bayi, kementerian perindustrian

KBR, Jakarta- Kementerian Perindustrian mewajibkan pakaian bayi harus bersertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia).

Kepala Pusat Standarisasi Kementerian Perindustrian, Tony Sinambela mengatakan, aturan tersebut sudah dikeluarkan sejak 17 Mei lalu dan akan dilakukan pengawasan selama enam bulan kedepan. Kata dia, nantinya setiap perusahaan diberikan kesempatan untuk mengurus izin label SNI mereka sebelum akhir tahun ini.

"Jadi pemberlakuannya 17 Mei, tetapi diberikan waktu enam bulan untuk mengurus. Jadi artinya diberikan pembinaan dan kesempatan kepada pelaku usaha. Jangan sampai saat ditemukan (pelanggaran-red) bilang baru mau urus."

Kepala Pusat Standarisasi Kementerian Perindustrian Tony Sinambela menambahkan, wajibnya produk pakaian bayi memenuhi SNI merupakan upaya pemerintah melindungi bayi dari zat-zat berbahaya yang terkandung pada produk bayi itu. Sementara dari sisi pengusaha, kebijakan tersebut bagian dari melindungi kepentingan pelaku usaha.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian juga mewajibkan produk mainan anak untuk bersertifikat SNI. Kebijakan itu diberlakukan sejak 30 April lalu.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17