Rel Trans-Sulawesi, Pemerintah Diminta Perjelas Skema Investasi

KBR, Jakarta - Pemerintah belum bisa memberi jaminan kepada investor pada proyek pembangunan rel kereta api Trans-Sulawesi. Pengamat perkeretaapian Hendro Wiyono mengatakan, selama ini skema proyek tersebut belum jelas sehingga tak banyak dilirik investor

NASIONAL

Senin, 30 Jun 2014 07:53 WIB

Author

Ninik Yuniati

Rel Trans-Sulawesi, Pemerintah Diminta Perjelas Skema Investasi

rel, KAI, kereta

KBR, Jakarta - Pemerintah belum bisa memberi jaminan kepada investor pada proyek pembangunan rel kereta api Trans-Sulawesi. Pengamat perkeretaapian Hendro Wiyono mengatakan, selama ini skema proyek tersebut belum jelas sehingga tak banyak dilirik investor. Padahal menurutnya, proyek tersebut membutuhkan banyak biaya.

"Pemerintah itu harus merangkul investor, banyak banget investor dari Tiongkok, dari Korea yang mau, asal regulasinya itu jelas. Maksud saya, siapa punya kewajiban apa, siapa punya hak apa, lalu ada kejelasan berapa lama dia bisa modal kembali, 40 tahun nggak masalah untuk mereka, tapi jelas gitu," kata Hendro Wiyono, (29/6).

Hendro Wiyono menambahkan, pembangunan rel kereta Makasar-Pare Pare tersebut diperkirakan memakan waktu setidaknya 4 tahun. Menurutnya, keberadaan jalur rel kereta api trans-Sulawesi akan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah.

Menurutnya, jalur tersebut akan mempermudah pengangkutan logistik barang antarwilayah. Selain itu, pemerintah juga bisa membuka pelayanan kereta api untuk penumpang.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Eps.6: Kuliah di Perancis, Cerita dari Dhafi Iskandar

Insiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarkat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak