PT. Semen Indonesia Tuding LSM Provokasi Warga Rembang

KBR, Jakarta - PT Semen Indonesia menuding ada LSM yang memprovokasi warga Rembang atas penolakan pembangunan pabrik semen di Rembang, Jawa Tengah.

NASIONAL

Selasa, 17 Jun 2014 15:30 WIB

Author

Novaeny Wulandari

PT. Semen Indonesia Tuding LSM Provokasi Warga Rembang

semen, rembang, LSM

KBR, Jakarta - PT Semen Indonesia menuding ada LSM yang memprovokasi warga Rembang atas penolakan pembangunan pabrik semen di Rembang, Jawa Tengah.

Juru bicara PT. Semen Indonesia Hari Subagyo mengatakan pihaknya telah melengkapi syarat perizinan dan Aman Dampak Lingkungan (Amdal). Ia mengklaim, telah mensosialisasikan pembangunan pabrik itu sejak lama kepada warga Rembang.

"Kami pastikan bahwa isu-isu itu telah dihembuskan oleh LSM. Yang pada prinsipnya adalah tidak ingin pabrik Semen Indonesia atau Semen Gresik itu ekspansi di Rembang. Di Tuban misalnya, ada 4 pabrik disana. Dulu ada kekuatiran bahwa air disana akan habis, namun kenyataannya dari tahun 1994 sampai sekarang di Tuban airnya masih banyak dan bagus," ujar Hari kepada KBR.

Hari Subagyo menambahkan pabrik yang bakal dibangun di Rembang adalah pabrik kering. Pabrik kering tersebut tidak memerlukan air untuk memproduksi semen nanti.

Peletakan batu pertama pembangunan pabrik Semen Indonesia dilakukan, Senin (16/6) kemarin di Kawasan Gunung, Kendeng, Rembang Jawa Tengah.  Namun dalam acara tersebut, warga melakukan demo penolakan pembangunan pabrik. Hal itu dilakukan karena mereka merasa tidak mendapatkan sosialisasi informasi seputar tambang dan pembangunan pabrik itu. Padahal penolakan tersebut sudah dilakukan sejak awal, namun tak mendapatkan tanggapan.


Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Ramadan Kelabu Korban Gempa Malang

Kabar Baru Jam 7

Maqam Ibrahim: Mengaji Artefak Arkeologi

Kebebasan dalam Berpakaian

Kabar Baru Jam 8