NASIONAL

PGI: Pemerintah Tak Menyelesaikan Persoalan Toleransi

"KBR, Jakarta - Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) mengaku sudah hampir putus asa mengharapkan keadilan pada seluruh warga Indonesia agar bebas menjalankan kepercayaan di Indonesia."

PGI: Pemerintah Tak Menyelesaikan Persoalan Toleransi
pemerintah, toleransi, PGI

KBR, Jakarta - Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) mengaku sudah hampir putus asa mengharapkan keadilan pada seluruh warga Indonesia agar bebas menjalankan kepercayaan di Indonesia.

Ketua Diakonia PGI, Jerry Sumampouw mengatakan pihaknya sudah melakukan semua upaya di jalur hukum untuk medapatkan keadilan terkait ulah kelompok intoleran. Namun ternyata hingga sekarang tidak ada hasil yang memuaskan dan bahkan jauh dari rasa keadilan.

Meski demikian pihaknya berharap siapapun presiden yang akan datang bisa menjamin bahwa kebebasan beragama di Indonesia tidak hanya sekedar berteori.

“Permasalahannya sekarang ada di Pemerintah yang kalau menurut saya sekarang tidak melakukan hal-hal yang konkrit dan tegas untuk melakukan penegakan hukum terkait dengan berbagai persoalan yang berkaitan dengan kebebasan agama. Jadi tidak ada cara lain saya kira selain soal kita mendesak ketegasan pemerintah,” ujarnya kepada KBR.

Jerry Sumampouw menambahkan bahwa hanya pemerintah yang tidak takut tekanan dari berbagai pihak yang bisa menyelesaikan masalah ini. 


Sebelumnya, penyerangan rumah ibadah dan pemeluk agama lain yang sedang beribadah kembali terjadi. Dalam waktu yang berdekatan, kegiatan beribadah di sebuah rumah  Julius Felicianus di komplek STIE YKPN, Tunjungsari, Ngaglik, Sleman Yogyakarta diserang oleh sekelompok orang pada Kamis (29/5). Akibat penyerangan kelompok intoleran tersebut 4 orang mengalami luka berat.

Hal yang sama terjadi pada Sabtu (31/5) dimana terjadi penyerangan oleh kelompok intoleran kembali terjadi di daerah yang sama, yakni di daerah Pangukan, Sleman. Kelompok intoleran mengepung dan melempari rumah ibadah hingga rusak. Penyerangan ini bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila.


Editor: Luviana

  • pemerintah
  • toleransi
  • PGI
  • petatoleransi_06DKI Jakarta_merah
  • Toleransi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!