Pemerintah Batal Deportasi Guru JIS

KBR, Jakarta - Pemerintah batal mendeportasi 4 guru Jakarta International School (JIS).

NASIONAL

Selasa, 17 Jun 2014 12:42 WIB

Author

Abu Sahma Pane

Pemerintah Batal Deportasi Guru JIS

deportasi, guru, JIS

KBR, Jakarta - Pemerintah batal mendeportasi 4 guru Jakarta International School (JIS). Menteri Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Amir Syamsudin mengatakan pemerintah menangguhkan deportasi karena keterangan dari keempat guru masih diperlukan kepolisian untuk mengungkap kasus kejahatan seksual terhadap sejumlah siswa JIS. Sementara belasan guru JIS lainnya sudah dideportasi.

"Sebagian yang lain diminta oleh polisi untuk ditangguhkan deportasinya. Karena diperlukan keterangan mereka dalam penanganan adanya laporan keluarga korban. Tapi kata Mendikbud jangan dideportasi dulu guru JIS. Tapi yang jelas deportasi bisa ditunda kalau masih ada proses hukum yang sedang berjalan," ujar Amir di Jakarta, Selasa (17/6).

Amir Syamsudin menambahkan, belasan guru JIS yang sudah dideportasi bisa kembali bekerja di Indonesia. Dengan syarat mereka memenuhi persyaratan administrasi untuk masuk ke Indonesia sebagai pekerja.

Sebelumnya, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai deportasi belasan guru JIS bisa menghambat pengusutan pelecahan seks terhadap siswa JIS. Deportasi guru JIS sebaiknya dilakukan jika kasus pelecehan seks sudah selesai.



Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Meningkatkan Layanan Publik Melalui SPAN-L4POR

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12