NASIONAL

Pemerintah Akan Membangun 28 Bendungan Besar di Indonesia

"KBR, Bali - Pemerintah berencana membangun 28 waduk dan bendungan di seluruh nusantara. Puluhan waduk itu diantaranya adalah Waduk Titap dan Waduk Pandan Duri."

Pemerintah Akan Membangun 28 Bendungan Besar di Indonesia
bendungn, waduk, hermanto dardak

KBR, Bali - Pemerintah berencana membangun 28 waduk dan bendungan di seluruh nusantara. Puluhan waduk itu diantaranya adalah Waduk Titap dan Waduk Pandan Duri. Wakil menteri Pekerjaan Umum, Achmad Hermanto Dardak mengatakan, pembangunan bendungan atau waduk besar saat ini sudah dilaksanakan di beberapa provinsi dan pembangunannya akan menggunakan teknologi tercanggih. Misalnya menggunakan sensor untuk mengetahui adanya perembesan maupun jika ada keretakan pada bendungan. (Baca: Pembangunan Bendungan Tugu Senilai Rp 600 Miliar Dimulai)

“Misalnya waduk Jati Barang saat ini sudah berfungsi, kita sebentar lagi Jati Gede di sini ada Waduk Titap, Waduk Pandan Duri, bendungan besar minimal dengan tinggi 15 meter," ujar Hermanto Dardak hari ini saat membuka pameran internasional bendungan besar ke 82 di Nusa Dua, Bali (6/3).

Hermanto Dardak menambahkan, bendungan besar itu setinggi 15 meter. Saat ini, bendungan mengalami tingkat sedimentasi yang mencapai 3 persen setiap tahun.

Selain itu, fungsi bendungan ke depan akan direvitalisasi sebagai penyedia sumber energi listrik. Indonesia memiliki 280 bendungan besar hingga saat ini.

Editor: Nanda Hidayat

  • bendungn
  • waduk
  • hermanto dardak

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!