NASIONAL

Masyarakat Yogyakarta Laporkan Sri Sultan HB X ke Komnas HAM

"KBR, Yogyakarta - Masyarakat Anti Kekerasan Yogyakarta (Makaryo) akan melaporkan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwana Ke-X kepada Komnas HAM."

Febriana

Masyarakat Yogyakarta Laporkan Sri Sultan HB X ke Komnas HAM
sultan, yogyakarta, komnas

KBR, Yogyakarta - Masyarakat Anti Kekerasan Yogyakarta (Makaryo) akan melaporkan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwana Ke-X kepada Komnas HAM.

Makaryo  menilai Gubernur Yogyakarta tidak berhasil memberikan rasa aman kepada warganya saat melakukan ibadah.

Koordinator Makaryo, Beny Susanto menyatakan selama tahun 2014 terdapat 9 kasus intoleransi di DIY, namun tidak ada satupun yang berhasil diusut tuntas. Bahkan kasus intoleransi lain muncul lebih banyak jika dibandingkan tahun sebelumnya.

" Gubernur DIY jelas tidak menjalankan Inpres RANHAM, yaitu tentang rencana aksi nasional hak asasi manusia yang seharusnya memberikan penghormatan, pemenuhan dan kewajiban kepada warga," ujarnya di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta, Selasa (3/6).
Selain Gubernur, 3 tiga bupati yaitu bupati Bantul, Sleman dan Gunungkidul juga dilaporkan ke Komnas HAM karena masalah intoleransi di DIY paling banyak terjadi di 3 kabupaten tersebut.

" Tidak ada kebijakan nyata dari mereka untuk mengurangi kasus tersebut, bahkan di bulai Mei ini saja kami mencatat telah terjadi 6 kasus intoleransi di 3 kabupaten ini,” ujar Beny Susanto.


Editor: Luviana

  • sultan
  • yogyakarta
  • komnas
  • Toleransi
  • petatoleransi_34Daerah Istimewa Yogyakarta_merah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!