NASIONAL

Makanan Kadaluarsa Beredar Luas di Perbatasan

Makanan Kadaluarsa Beredar Luas di Perbatasan

KBR, Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengintensifkan pengawasan di daerah perbatasan terkait beredarnya makanan ilegal dan kadaluarsa jelang hari raya Idul Fitri. 


Menurut Kepala BPOM Roy Sparingga, makanan kadaluarsa dan ilegal tersebut banyak berasal dari negara tetangga seperti Malaysia. Untuk mencegah meluasnya pangan ilegal dan kadaluarsa ini maka BPOM sudah memberikan intruksi di daerah untuk memperketat dan melakukan razia dengan intensif.


"Yang rawan adalah daerah perbatasan yang dekat dengan zona perdagangan Sumatera bagian Timur, Pekan Baru dan Medan. Kemudian juga perbatasan Kalimantan Barat. Kalimantan juga merupakan zona yang kami harus tingkatkan pengawasannya," ungkap Roy Sparingga ketika dihubungi KBR, Kamis (5/6)


Roy Sparingga juga meminta kepada importir makanan dan minuman untuk melakukan seleksi makanan dan minuman yang masuk ke Indonesia. Ia juga mengancam akan memberikan sanksi berupa penyitaan serta sanksi hukum lainnya kepada para importir makanan yang melakukan kecurangan yang membahayakan konsumen.



Editor: Luviana


  • makanan
  • kadaluarsa
  • perbatasan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!