Kemendag: Harga Bawang Merah Normal

KBR, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengklaim kenaikan harga bawang merah jelang bulan puasa tahun ini masih normal.

NASIONAL

Senin, 09 Jun 2014 22:51 WIB

Author

Abu Sahma Pane

Kemendag: Harga Bawang Merah Normal

kemendag, bawang, normal

KBR, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengklaim kenaikan harga bawang merah jelang bulan puasa tahun ini masih normal.

Menteri Perdagangan Muhammad Lufhti mengatakan kenaikan harga bawang merah di sejumlah daerah berada di kisaran Rp. 20 ribu hingga Rp. 21 ribu per-kilogram. Harga tersebut masih di bawah harga referensi pemerintah yakni Rp. 28 ribu per-kilogram.

"Perbandingannya itu adalah dibandingkan dengan harga H-3 sebelum puasa. Harga referensi untuk bawang saat ini masih Rp. 20 ribu sampai Rp. 21 ribu. Masih di bawah harga referensi. Jadi kalau panen harga turun, kalau paceklik harga tinggi. Jadi ada harga referensinya," ujar Lufhti di Jakarta, Senin (9/6).

Sebelumnya, harga bawang merah naik hingga Rp. 7 ribu setiap kilogram. Di Semarang harga bawang mencapai Rp. 21 ribu per kilogram. Di Jakarta, harganya naik dari Rp. 16 ribu menjadi Rp. 18 ribu per-kilogram. Sementara, di Probolinggo harganya melejit dari sebelumnya Rp. 8 ribu kini menjadi Rp. 15 ribu per-kilogram. Petani bawang sendiri yakin harga bawang akan turun. Sebab musim panen bawang merah segera tiba.

Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10