Apa Harapan Para Pengusaha Pada Presiden Baru Nanti?

KBR, Jakarta- Sejumlah pengusaha di Indonesia meminta pada presiden yang baru mendatang agar membuat terobosan soal pembebasan lahan.

NASIONAL

Jumat, 06 Jun 2014 12:39 WIB

Author

Khusnul Khotimah

Apa Harapan Para Pengusaha Pada Presiden Baru Nanti?

pengusaha, presiden, harapan

KBR, Jakarta- Sejumlah pengusaha di Indonesia meminta pada presiden yang baru mendatang  agar membuat terobosan soal pembebasan lahan.

CEO Recapital Group Rosan Roslani mengatakan, selama ini para pengusaha Indonesia kesulitan dalam membangun infrastruktur karena terhambat oleh pembebasan lahan. Pemerintah yang diharapkan bisa membebaskan lahan, namun tak pernah mau membebaskan lahan untuk pembangunan infrastruktur ini.

Pembangunan jalan tol yang merupakan proyek pemerintah misalnya selalu terkendala pada masalah pembebasan lahan.
Roslani menyatakan bahwa pemerintahan yang baru nanti harus membentuk suatu badan khusus guna memutus persoalan pembabasan lahan dengan waktu penyelesaian yang cepat.

“Problem kebanyakan adalah pada masalah pembebasan lahan. Tapi apa yang bisa pemerintahan lakukan? ternyata tidak ada. Di Negara lain, problem lahan itu problemnya pemerintah. Pemerintah membebaskan dahulu, pengusaha nasionalnya tinggal membayar. Di Indonesia tidak, yang harus membebaskan juga pengusaha nasional, “kata CEO Recapital Group Rosan Roslani dalam diskusi bertema Harapan Pengusaha pada Presiden Baru di Jakarta, Jumat (6/6).

Salah satu proyek pemerintah yang hingga kini pembangunannya molor akibat pembebasan lahan antara lain Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang, Jawa Tengah. Padahal molornya proyek tersebut bisa menimbulkan defisit listrik pulau Jawa pada tahun 2017.


Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Bekas Napi Koruptor Harus Jeda Lima Tahun Sebelum Maju di Pilkada