NASIONAL

TKI Korban Kerusuhan Dimakamkan di Jeddah

"Jenazah TKI yang tewas akibat kerusuhan di kantor perwakilan Indonesia hari Minggu lalu akan dikubur di Jeddah, Arab Saudi."

Pipit Permatasari

TKI Korban Kerusuhan Dimakamkan di Jeddah
TKI, jeddah, KBRI, kerusuhan, kemenlu

 KBR68H, Jakarta - Jenazah TKI yang tewas akibat kerusuhan di kantor perwakilan Indonesia hari Minggu lalu akan dikubur di Jeddah, Arab Saudi. Menteri Luar Negeri Marti Natalegawa mengklaim, keputusan ini adalah pilihan keluarga korban yang dihubungi pemerintah sebelumnya. Korban tewas itu bernama Marwah asal Sampang, Madura.

“ Musibah atau korban jiwa yang terjadi akibat dari kerusahan yang terjadi kemarin, pihak keluarga sudah dihubungi. Mereka pilihannya adalah agar jenazah dimakamkan di Arab Saudi. Tidak dipulangkan ke Tanah Air. Semuanya sudah dibantu dengan biaya dan ditanggung perwakilan kita. Sehingga pihak keluarga tidak terbebankan," ujar Marty Natalegawa usai jumpa pers di Kantor Menko Polhukam Jakarta.

Dua hari lalu belasan ribu TKI rusuh di depan KJRI Jeddah saat mereka hendak mengurus Surat Pengganti Laksana Paspor (SPLP). Kerusuhan dipicu lantaran KJRI tak kunjung membuka loket tiket pelayanan pemutihan. Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa juga mengaku, pihaknya hanya membuka enam loket tiket pemutihan. Padahal jumlah TKI overstayer di sana diperkirakan mencapai 100 ribu orang. Akibat kerusuhan itu seorang TKI asal Sampang, Madura Meningga

Editor: Suryawijayanti 

  • TKI
  • jeddah
  • KBRI
  • kerusuhan
  • kemenlu

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!