NASIONAL

Stabilkan Harga, Bulog Diminta Libatkan Pedagang Pasar

Stabilkan Harga, Bulog Diminta Libatkan Pedagang Pasar

KBR68H, Jakarta - Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) meminta operasi pasar Perum Bulog melibatkan koperasi pasar.

Sekjen APPSI, Ngadiran meyakini dengan cara ini harga kebutuhan pokok jelang bulan puasa dan penaikkan harga BBM bersubsidi bisa dikendalikan pemerintah. Kata dia, Bulog dapat memberikan kewenangan kepada koperasi pasar untuk mendistribusikan bahan kebutuhan pokok yang ingin distabilkan harganya.

"Bulog diperankan kembali. Karena Bulog itu terlepas ada yang kurang baik, kan bisa dibenahi. Makanya kalau akhirnya Bulog punya gula, punya beras, punya daging, telor, minyak goreng, berarti bisa mengendalikan harga dan kita biasanya diminta bantu kerjasama. Ini yang kita inginkan sejak lama. Jadi lompatan harga itu bisa dikendalikan," ungkap Ngadiran.

Sekjen APPSI, Ngadiran menambahkan, cara ini pernah dilakukan di penghujung era orde baru, ketika harga minyak goreng melambung tinggi. Bulog yang melibatkan koperasi pasar dalam operasi pasar kemudian bisa menstabilkan harga minyak goreng dalam kurun waktu dua pekan. Ngadiran juga meminta pemerintah memberikan kewenangan kepada Bulog untuk bisa mengelola bahan pokok lainnya, selain beras dan daging.

Editor Antonius Eko 

  • bulog
  • harga
  • pedagang pasar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!