NASIONAL

RUU Ormas Siap ke Paripurna Selasa pekan Depan

"Panitia Khusus Rancangan Undang Undang Organisasi Masyarakat (RUU Ormas) sepakat membahas RUU tersebut ke tingkat Paripurna Selasa pekan depan."

Nur Azizah

RUU Ormas Siap ke Paripurna Selasa pekan Depan
ruu ormas, dpr, paripurna

KBR68H, Jakarta – Panitia Khusus Rancangan Undang Undang Organisasi Masyarakat (RUU Ormas) sepakat membahas RUU tersebut ke tingkat Paripurna Selasa pekan depan.

Ketua Pansus RUU Ormas, Abdul Malik Haramain mengatakan, langkah ini dilakukan setelah mayoritas fraksi di Panitia Kerja menerima rumusan RUU tersebut. Namun, kata Malik, pihaknya akan melobi fraksi PAN yang hingga kini belum menyetujui rumusan RUU yang dibahas selama enam kali masa sidang.

“Pembahasan di Timus di Timsin, bahkan di Panja, selalu Fraksi PAN aktif. Bahkan tidak ada masalah. Kita tidak hanya menerima masukan dari LSM, bahkan ormas ormas besar bahkan NGO yang kita anggap memiliki unsur asing kita juga libatin, akademisi, kampus, dan sebagainya. Artinya memang menurut saya dan seingat saya hampir semua usulan teman teman apakah ormas besar, ormas baru, LSM, NGO kita sudah masukkan ke dalam RUU Ormas itu. Secara sustansi saya kira enggak ada masalah,” kata Malik.

Sementara itu anggota Pansus dari fraksi PAN Ahmad Rubai mengatakan, pihaknya masih akan membahas substansi RUU Ormas bersama LSM. Menurut Rubai, sejumlah LSM bahkan meminta agar dibuatkan Undang Undang khusus tentang Lembaga Swadaya Masyarakat.

Editor: Antonius Eko

  • ruu ormas
  • dpr
  • paripurna

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!