Ratusan orang Demo Tolak RUU Ormas

Ratusan orang berunjuk rasa menolak pengesahan RUU Ormas di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat DPR. Koordinator aksi Barry Silitonga menilai, RUU tersebut merupakan ancaman nyata bagi kebebasan berserikat dan berkumpul. RUU ormas akan menyeret seluruh b

NASIONAL

Selasa, 25 Jun 2013 15:19 WIB

Author

Khusnul Khotimah

Ratusan orang Demo Tolak RUU Ormas

ruu ormas, dpr, paripurna

KBR68H, Jakarta - Ratusan orang berunjuk rasa menolak pengesahan RUU Ormas di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat DPR. Koordinator aksi Barry Silitonga menilai, RUU tersebut merupakan ancaman nyata bagi kebebasan berserikat dan berkumpul. RUU ormas akan menyeret seluruh bentuk organisasi sosial, keagamaan dan kemanusiaan di bawah pengawasan Kementerian Dalam Negeri, khususnya Ditjen Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

“Muspida di setiap daerah, berhak memberhentikan sementara ormas-ormas yang dianggap tidak baik. Nah, parameter tidak baik itu tidak dijelaskan. Jadi karena tidak dijelaskan, Muspida bisa dengan seenaknya berhentikan dulu atau bubarkan,” ujar Koordinator Aksi Barry Silitonga.

Rencananya, RUU tentang Organisasi Kemasyarakatan akan disahkan dalam rapat Paripurna DPR hari ini. Sidang Paripurna saat ini sudah kembali dilanjutkan setelah sebelumnya sempat diskors akibat hujan interupsi dari anggota fraksi Partai Amanat Nasional.

Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Jaksa Agung Diminta Klarifikasi Pernyataan bahwa Tragedi Semanggi I-II Bukan Pelanggaran HAM Berat