Puluhan Kasus di Komisi Informasi Pusat Terbengkalai

Komisi Informasi Pusat (KIP) mengaku, sebanyak 90-an lebih kasus sengketa informasi yang masuk ke lembaga tersebut saat ini masih terbengkalai.

NASIONAL

Kamis, 06 Jun 2013 08:53 WIB

Author

Sindu Darmawan

Puluhan Kasus di Komisi Informasi Pusat Terbengkalai

Komisi Informasi Pusat, segel, komisioner, SBY

KBR68H, Jakarta - Komisi Informasi Pusat (KIP) mengaku, sebanyak 90-an lebih kasus sengketa informasi yang masuk ke lembaga tersebut saat ini  masih terbengkalai.

Ketua KIP Abdul Rahman Makmun mengatakan, puluhan kasus terbengkalai karena masa jabatan komisioner KIP telah habis sejak 2 Juni lalu. Namun, Abdul Rahman tidak menyebutkan kasus apa saja yang saat ini masih menggantung.

“Kalau angkanya, keseluruhan karena itu secara terus menerus datang terus, itu sampai akhir 2012 itu 818. Kemudian selama 2013 kemarin masuk 108 yang kemudian sebagian besar sudah kita selesaikan. Sekarang yang tersisa dan kemarin kita pending karena waktu kita habis itu sekitar 94,”ujar Abdul Rahman.

Abdul Rahman Makmun menambahkan, pihaknya telah menerima 818 pengaduan perkara sengketa informasi selama 2012. Sementara pada awal Januari hingga Mei 2013, KIP mengaku telah menerima 108 pengaduan.

Masa jabatan tujuh komisioner KIP telah habis sejak 2 Juni lalu. Posisi komisioner tersebut seharusnya sudah terpilih atau diajukan ke DPR oleh Presiden sebelum masa jabatan komisioner KIP habis. Lambatnya Presiden mengajukan nama calon anggota KIP, membuat koalisi aktivis kecewa dan menyegel kantor KIP di Jakarta. Namun, aksi penyegelan itu tidak mengganggu aktivitas di kantor KIP.

Editor: Antonius Eko

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Ragam Bisnis Sustainable Fashion

Kabar Baru Jam 8

Akses Kesehatan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas termasuk Orang dengan Kusta

Menyoal Kriteria Pemberian Vaksin Booster Covid-19