NASIONAL

Peternak Desak Pemerintah Siapkan Rumah Potong Unggas

"Perhimpunan Peternak Unggas Indonesia (PPUI) meminta pemerintah menyiapkan rumah pemotongan unggas terlebih dahulu sebelum mengeluarkan larangan penjualan unggas hidup."

pipit permatasari

Peternak Desak Pemerintah Siapkan Rumah Potong Unggas
peternakan, ayam, rumah potong unggas

KBR68H, Jakarta - Perhimpunan Peternak Unggas Indonesia (PPUI) meminta pemerintah menyiapkan rumah pemotongan unggas terlebih dahulu sebelum mengeluarkan larangan penjualan unggas hidup.

Kepala Bidang Broiler PPUI Alimudin mengatakan, banyak peternak unggas yang belum siap  menyediakan rumah potong sendiri. Karena itu masih banyak peternak yang membutuhkan bantuan pemerintah.

"Kalau sudah siap sarana dan prasarana sudah siap silahkan saja. Belum ada rumah pemotongan ayam. Dulu mau disiapkan oleh pemerintah. Pemerintah DKI pun tidak sanggup. Penjualan ayam ini ada dua ada pasar becek dan pasar bersih. Sekarang hanya menyuruh. Peternak ayam ini masih banyak orang yang belum siap secara hilir sehingga mereka harus dibudidayakan,” jelas Alimudin saat dihubungi KBR68H.

Sebelumnya, Gabungan Organisasi Peternak ayam Nasional (Gopan) meminta perdagangan unggas di pasar-pasar tradisional hanya dalam bentuk daging, bukan unggas hidup. Mengingat perdagangan unggas hidup sangat rawan terjadinya penyebaran penyakit unggas termasuk flu burung.

Editor: Antonius Eko

  • peternakan
  • ayam
  • rumah potong unggas

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!