NASIONAL

2013-06-10T11:34:41.000Z

Pertamina: Pemda Harus Awasi Penyaluran Elpiji

"KBR68H, Jakarta - PT Pertamina Persero meminta pemerintah daerah turut mengawasi penyaluran tabung gas elpiji ukuran tiga kilogram dan 12 kilogram di pangkalan dan pengecer."

Pertamina: Pemda Harus Awasi Penyaluran Elpiji
pertamina, elpiji, langka, distribusi, wianda pusponegoro

KBR68H, Jakarta - PT Pertamina Persero meminta pemerintah daerah turut mengawasi penyaluran tabung gas elpiji ukuran tiga kilogram dan 12 kilogram di pangkalan dan pengecer. Pengawasan penyaluran itu untuk menghindari penimbunan dan penyalah gunaan gas elpiji bersubsidi.

Di sejumlah daerah, harga eceran gas elpiji ukuran 12 kg dan 3 kg naik karena pasokan langka. Juru Bicara PT Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan kelangkaan pasokan patut diawasi pemerintah daerah karena sebenarnya pasokan elpiji oleh Pertamina sudah melampaui kuota. PT Pertamina pun sudah mengajukan penambahan kuota penyaluran elpiji 3 kilogram kepada pemerintah untuk mengatasi kelangkaan pasokan.

"Tetapi kalau juga turun di pangkalan dan pengecer,nah ini karena jumlahnya juga cukup banyak dan letaknya berdekatan dengan masyarakat, ini yang harus sama-sama diawasi baik oleh Pemda setempat yang lebih tahu lokasi dan kondisinya. (Selama ini kalau ada penambahan 8 persen, selama ini cukup?) sebelumnya cukup. Jadi kan memang kita sudah sampaikan kepada pemerintah, bahwa ini ada pertumbuhan yang cukup pesat untuk konsumsi elpiji ukuran 3 kg tepatnya. Nah jadi memang kalau kita juga minta dari kuota tahunan. yang diberikan tahun ini khan sekitar 3,8 juta metrik ton. Nah juga sudah mengajukan kepada pemerintah untuk bisa ditambah mencapai 4,2 juta metrik ton," jelas Wianda Pusponegoro saat dihubungi KBR68H.

Juru Bicara PT Pertamina Wianda Pusponegoro menambahkan Pertamina juga menyiapkan agen siaga untuk mengantisipasi kelangkaan pasokan elpiji di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Harga gas elipi di agen siaga ini dibatas maksimal Rp13,500 per tabung ukuran tiga kilogram, dan Rp72,500 per tabung ukuran 12 kilogram.

Agen siaga merupakan agen resmi Pertamina dan akan beroperasi hingga 15 Juni mendatang. Sebelumnya harga gas elpiji ukuran 12 kg dan 3 kg naik di berbagai wilayah Indonesia, karena pasokan seret. Harga elpiji ukuran 12 kg bahkan hampir mencapai Rp 100 ribu lebih. Sementara harga elpiji 3 kg bisa mencapai Rp20 ribu per tabung.

Editor: Doddy Rosadi

  • pertamina
  • elpiji
  • langka
  • distribusi
  • wianda pusponegoro

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!