NASIONAL

Pengusaha Otomotif Siap Produksi Massal Mobil Murah

"Para pengusaha industri otomotif masih menunggu penjelasan dari peraturan pemerintah yang sudah ditandatangi presiden soal regulasi mobil murah."

Pengusaha Otomotif Siap Produksi Massal Mobil Murah
mobil murah, otomotif, gaikindo

KBR68H, Jakarta- Para pengusaha industri otomotif masih menunggu penjelasan dari peraturan pemerintah  yang sudah ditandatangi presiden soal regulasi mobil murah. Peraturan tersebut tertuang dalam PP tentang Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan Atas Barang Mewah. Ketua III Gaikindo Johnny Darmawan mengatakan, para pengusaha sudah siap memproduksi massal dan menjual produknya, jika sudah ada kejelasan soal PP tersebut.

"Ini proyek sudah lama, sudah sejak tiga tahun lalu. Dengan peraturan yang sudah dikeluarkan ini, kita sebagai pengusaha sudah happy (senang-red). Hanya masalahnya kita masih menunggu kapan peraturan pelaksanaannya. Kalau ditanya apakah pabrik sudah siap? Jawabannya sudah siap. Sudah siap sejak tahun lalu. Nah kalau sudah ditandatangi presiden itu kan tetap butuh waktu. Karena peraturan pelaksanaan itu harus dibuat (Kementerian-red) Perindustrian dan Kementerian Keuangan," ujar Ketua III Gaikindo Johnny Darmawan.

Dalam regulasi mobil murah dan ramah lingkungan tersebut diatur pemberian insentif bagi perusahaan yang memproduksi mobil ramah lingkungan di atas 1.000 cc. Pemerintah akan memberikan potongan pajak barang mewah mulai dari 20 persen untuk mobil rendah karbon dan potongan pajak 100 persen untuk mobil ramah lingkungan.

Editor: Suryawijayanti


  • mobil murah
  • otomotif
  • gaikindo

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!