NASIONAL

Pengamat: Harga BBM Naik, Konsumsi Tidak Akan Turun

"KBR68H, Jakarta - Kenaikan harga BBM bersubsidi dinilai tidak akan menurunkan jumlah konsumsi BBM."

Gun Gun Gunawan

Pengamat: Harga BBM Naik, Konsumsi Tidak Akan Turun
harga bbm naik, konsumsi tetap naik, reforminer institute, komaidi

KBR68H, Jakarta - Kenaikan harga BBM bersubsidi dinilai tidak akan menurunkan jumlah konsumsi BBM. Wakil Direktur ReforMiner Institute, Komaidi Notonegoro mengatakan penurunan konsumsi BBM mungkin hanya terjadi pada bulan pertama pasca kenaikan harga. Dia menambahkan, upaya pemerintah untuk menghemat konsumsi BBM tidak akan tercapai, mengingat kebutuhan masyarakat akan transportasi publik yang layak dan memadai  belum terealisasi.

"Jangan salahkan masyarkat kalau masih banyak yang memakai mobil dan sepeda motor karena masyarakat tidak diberi opsi. Berbeda dengan di negara lain yang sistem transportasi publiknya sudah bagus dan aturan soal kendaraan pribadi juga ketat," kata Komaidi Notonegoro saat diwawancara KBR68H dalam program Sarapan Pagi.

Kemarin DPR menyetujui rencana pemerintah menaikan harga  BBM atau dalam sidang paripurna pengesahan RAPBNP 2013. Pengesahan tersebut dilakukan dengan mekanisme pungutan suara atau voting. Ketua DPR, Marzuki Alie mengatakan, mayoritas anggota DPR menerima RUU Anggaran Negara tersebut.

Mereka adalah Fraksi Partai Demokrat, Partai Golkar, PKB, PAN, dan PPP. Sementara, fraksi PDI-P, PKS, Hanura dan Gerindra menolak RAPBNP tersebut.Rencananya harga BBM diumumkan naik pada Kamis lusa.

Editor: Doddy Rosadi

  • harga bbm naik
  • konsumsi tetap naik
  • reforminer institute
  • komaidi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!