Pemerintah Kesulitan Atasi Polusi Asap ke Negara Tentangga

Pemerintah membutuhkan teknologi pembukaan lahan yang tidak menyebabkan polusi asap ke negara tetangga. Juru Bicara Kementerian Kehutanan, Sumarto Sumarno menjelaskan, teknologi itu diperlukan karena tidak sedikit warga di wilayah perbatasan yang membaka

NASIONAL

Selasa, 18 Jun 2013 20:17 WIB

Author

Evelyn Falanta

Pemerintah Kesulitan Atasi Polusi Asap ke Negara Tentangga

Pemerintah, Polusi Asap

KBR68H, Jakarta - Pemerintah membutuhkan teknologi pembukaan lahan yang tidak menyebabkan polusi asap ke negara tetangga.

Juru Bicara Kementerian Kehutanan, Sumarto Sumarno menjelaskan, teknologi itu diperlukan karena tidak sedikit warga di wilayah perbatasan yang membakar hutan untuk membuka lahan baru. Padahal, kata dia, pemerintah telah melarang masyarakat untuk membakar hutan.

"Bagaimana sih membuka lahan tanpa bakar, dan itu dengan riset kita sudah coba tapi hasilnya belum optimal. Namun, yang sudah ada kita juga sudah sosialisasikan bahwa kebiasaan jelek dampak negatifnya terhadap lingkungan juga besar. Kita juga sudah melakukan riset dengan instansi terkait untuk memberikan solusi pilihan teknologi supaya tidak membakar. Untuk itu, bagi negara tersebut yang kita harapkan juga yang pertama kalau memang ada pilihan teknologi bisa disampaikan ke kita," terang Sumarto.

Sebelumnya, Singapura mengeluhkan asap yang berasal dari Indonesia. Polusi asap itu mengganggu kesehatan serta aktivitas masyarakat di sana. Oleh sebab itu, pemerintah Singapura mendesak Indonesia untuk segera menghentikan kebakaran itu dan mengelola dengan baik proses pembukan lahan. Pasalnya, masalah ini kerap terjadi setiap musim kemarau.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Meningkatkan Layanan Publik Melalui SPAN-L4POR

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12