NASIONAL

Pemerintah Targetkan Distribusi 15,5 Juta KPS Rampung Bulan Ini

"Sebanyak satu juta Kartu Perlindungan Sosial (KPS) tengah disebarluaskan ke 12 kota besar di seluruh Indonesia."

Eli Kamilah

Pemerintah Targetkan Distribusi 15,5 Juta KPS Rampung Bulan Ini
KPS, subsidi BBM

KBR68H, Jakarta - Sebanyak satu juta Kartu Perlindungan Sosial (KPS) tengah disebarluaskan ke 12 kota besar di seluruh Indonesia. Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono mengatakan pihaknya menargetkan penyebaran KPS pada 15,5 juta rakyat miskin, akan rampung pada akhir bulan ini.

“Kantor pos dengan 30 ribu armadanya bergerak di 12 kota besar dulu, seperti Jogjakarta, Bandung, Surabaya, Jakarta, Makasar, Medan. Itu hampir satu juta kartu, dan setelah itu sisanya diseluruh Indonesia. Di 12 kota besar, setelah satu dua hari selesei baru seluruh Indonesia,” kata Agung.

Menkokesra, Agung Laksono, menambahkan, kartu KPS akan disebar langsung melalui PT Pos Indonesia berdasarkan basis data terpadu yang diolah dan dimutakhirkan dari hasil Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) tahun 2011 dan 2012.

Pada kartu akan dilengkapi barcode yang bisa dicek kelengkapan identitas. Nantinya, kartu ini dapat digunakan untuk mendapatkan manfaat program perlindungan sosial.  Diantaranya program subsidi beras bagi masyarakat miskin (raskin).

Editor: Suryawijayanti

  • KPS
  • subsidi BBM

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!