Pelabuhan Indonesia Terburuk di Asia

Bekas Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang pernah menangani kasus monopili Pelindo II, Benny Pasaribu menyebut Pelabuhan di seluruh Indonesia mempunyai kualitas buruk. Bahkan terburuk di Asia.

NASIONAL

Kamis, 06 Jun 2013 14:42 WIB

Author

Abu Pane

Pelabuhan Indonesia Terburuk di Asia

pengusaha, monopoli, pelabuhan, PT Pelindo II, KPPU

KBR68H, Jakarta - Bekas Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang pernah menangani kasus monopili Pelindo II, Benny Pasaribu menyebut Pelabuhan di seluruh Indonesia mempunyai kualitas buruk. Bahkan terburuk di Asia.

Benny beralasan sistem regulasi tarif pelayanan yang dipatok Pelindo II dilakukan secara sepihak dan sangat mahal. Benny menyebut tarif pelayanan pelabuhan yang mahal itu meliputi ongkos bongkar buat sampai retribusi angkutan umum yang masuk kepelabuhan. Besarnya tarif ini tidak sebanding dengan pelayanan.

“Dilihat untuk mensejahterakan masyarakat, dan di pelabuhan itu supaya tidak condition, atau macet di mana-mana, harusnya tidak terlalu susah untuk mengatur itu. Nah investasi juga harusnya dibantu oleh pemerintah. Jadi banyak yang harus dibenahi di pelabuhan. Dan terus terang pelabuhan termasuk yang terburuk wakapun sudah banyak peningkatan. Jangankan di dunia, kalau dibandingkan dengan perusahan-perusahan Malaysia, kita sudah jauh terpuruk,” ujar Benny di saat dihubungi KBR68H di Jakarta, Kamis (6/6).

Bekas Ketua KPPU Benny Pasaribu menambahkan buruknya kondisi pelabuhan di Indonesia merupakan tanggung jawab PT Pelindo II, Kementerian BUMN, dan Kementerian Perhubungan. Sebab tiga lembaga ini merupakan lembaga seharusnya bersinergi memajukan pelabuhan di seluruh Indonesia.

Editor: Antonius Eko

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Izin Keruk Harta Karun RI

Kabar Baru Jam 8

Mama 'AB': Mengikat Yang Tercerai

Gelar Konser Musik dan Seni Pertunjukan Offline. Apa Sudah Memungkinkan?