Mendagri: Penyerapan Anggaran di Daerah Jangan Numpuk di Akhir Tahun

KBR68H, Jakarta - Pemerintah mengingatkan kepala daerah agar penyerapan anggaran stabil dan tidak menumpuk di akhir tahun.

NASIONAL

Rabu, 12 Jun 2013 14:26 WIB

Author

Khusnul Khotimah

Mendagri: Penyerapan Anggaran di Daerah Jangan Numpuk di Akhir Tahun

mendagri, gamawan fauzi, penyerapan anggaran, daerah

KBR68H, Jakarta - Pemerintah mengingatkan kepala daerah agar penyerapan anggaran stabil dan tidak menumpuk di akhir tahun. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi beralasan, penyerapan anggaran yang menumpuk di akhir tahun mengakibatkan inflasi tinggi. Hal ini, seringkali terjadi di tahun tahun sebelumnya. Padahal, menurut Gamawan, lambatnya penyerapan anggaran mengakibatkan pelayanan kepada masyarakat menjadi tidak maksimal.

 "Dari jauh-jauh sudah disiapkan ketok palu penetapan APBD, disiapkan administrasi sehingga Januari, Februari, itu bisa dimulai kegiatan-kegiatan pembangunan di daerah. Tapi kalau ketok palunya April atau Februari, tambah adminstrasi lagi, mulai kegiatannya baru bulan Mei kan? Akhirnya penerapa dana itu terkonsentrasi di akhir tahun,"ujar Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Jakarta, Rabu (12/6).

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) beberapa daerah tahun ini diperkirakan menyisakan Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SILPA) tinggi. Contohnya anggaran APBD DKI Jakarta -yang disahkan Februari lalu, hingga awal bulan Juni baru terserap sekitar satu persen. Padahal total anggaran hampir Rp 50 triliun.

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Tetap Aman dan Sehat Beraktivitas Saat Pandemi

Catatan Vaksin Mandiri

Wapres Bicara Vaksinasi untuk Lansia