NASIONAL

Mendagri: Pengurusan Pergantian Pemegang KPS Hanya Seminggu

"Pemerintah segera mengganti penerima Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang terbukti masuk dalam kategori mampu. Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi mengatakan, proses penggantian tersebut bisa selesai dalam waktu satu minggu. Sistem penggantian penerima KP"

Mendagri: Pengurusan Pergantian Pemegang KPS Hanya Seminggu
mendagri, gamawan fauzi, KPS

KBR68H, Jakarta - Pemerintah segera mengganti penerima Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang terbukti masuk dalam kategori mampu. Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi mengatakan, proses penggantian tersebut bisa selesai dalam waktu satu minggu. Sistem penggantian penerima KPS telah diserahkan kepada kelurahan masing-masing.

Kata dia, kepala desa akan memeriksa data penerima KPKS saat pembagian bantuan tunai sementara (BLSM), sehingga penyaluran BLSM akan tepat sasaran.

"Kalau ada satu-dua karena pidah domisili, karena tergusur, karena meninggal dunia, karena menurut kepala desanya kurang tepat, nah itu yang diganti. Kita merancang penggantian itu tidak lebih dari satu minggu. Tapi penggantian kartu itu kecil sekali. Kemarin saya di Jakarta Pusat dari 23 ribu di Sawah Besar, cuma 73 orang yang diganti, jadi kecil sekali. Hanya nol koma sekian persenlah," kata Gamawan saat ditemui di DPR, Senayan, Jakarta.

Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi menambahkan, pembagian BLSM akan berakhir pada akhir Juli mendatang. Sebelumnya, pemerintah membagikan Kartu Perlindungan Sosial kepada 15,5 juta kepala keluarga. Penerima KPS itulah yang akan menerima bantuan langsung sementara (BLSM).

Editor: Antonius Eko 

  • mendagri
  • gamawan fauzi
  • KPS

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!