NASIONAL

Kurangi Asap Riau, BNPB Ledakkan 16 Bom Air

"KBR68h, Jakarta- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hari ini akan meledakkan sekira 16 bom air di sekitar Dumai dan Bengkalis untuk memadamkan kebakaran hutan di Riau."

Khusnul Khotimah

Kurangi Asap Riau, BNPB Ledakkan 16 Bom Air
bPBD, kebakaran hutan riau

KBR68h, Jakarta- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hari ini akan meledakkan sekira 16 bom air di sekitar Dumai dan Bengkalis untuk memadamkan kebakaran hutan di Riau.

Kepala BNPB Syamsul Maarif mengatakan, peledakan bom air ini menggunakan dua helikopter dengan kapasitas 500 liter. 16 kali bom air mampu memadamkan seluas 100 meter.

"16 kali itu hanya satu titik saja. Kalau tidak begitu, tidak mati dia. Kan dalamnya api ada di 15 meter di bawah permukaan. Untuk hari ini sudha berangkat pukul 08.00 ke sekitar situ dulu sampai sore" ujar Syamsul kepada KBR68H, Sabtu (23/6).

Kepala BNPB Syamsul Maarif menambahkan, selain bom air, usaha pemadaman juga menggunakan teknologi penyemaian awan dengan menggunakan dua pesawat Hercules dan Cassa yang hari ini menuju ke arah Siak, Palalawan dan Bengkalis. Sejak Selasa lalu, kabut asap akibat kebakaran hutan di wilayah Sumatera mengakbatkan polusi udara hingga ke dua negara tetangga; Singapura dan Malaysia. Kedua negara itu mendesak Indonesia mengatasi polusi ini karena sudah mengganggu aktivitas warganya.

  • bPBD
  • kebakaran hutan riau

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!