Kontras: Penanganan Kasus Cebongan Berjalan Tertutup

LSM HAM KontraS menilai proses hukum kasus Lapas Cebongan yang dilakukan oleh Detasemen Polisi Militer (Denpom) dan Oditur Militer TNI AD berjalan tertutup.

NASIONAL

Selasa, 11 Jun 2013 08:12 WIB

Author

Danu Mahardika

Kontras: Penanganan Kasus Cebongan Berjalan Tertutup

kontras, cebongan, sidang

KBR68H, Jakarta - LSM HAM KontraS menilai proses hukum kasus Lapas Cebongan yang dilakukan oleh Detasemen Polisi Militer (Denpom) dan Oditur Militer TNI AD berjalan tertutup. Kordinator KontraS, Haris Azhar mengatakan hingga saat ini pihak keluarga korban tidak menerima informasi apapun terkait perkembangan kasus yang seharusnya mereka dapat. KontraS menduga ada upaya menyembunyikan keterlibatan pihak lain dalam kasus ini.

"Sudah dua bulan lebih kita tidak tahu perkembangan kasusnya seperti apa. Yang kita tahu cuma pelaku tambah satu, ada sejumlah senjata yang itu dibilang replika. Ya cuma itu saja. Kami khawatir dengan situasi seperti ini. Ini kan patut dikatakan sebagai proses yang tertutup yang memungkinkan nanti peradilannya jadi sangat payah untuk membongkar yang terjadi," ujar Haris di Kantor KontraS.

Koordinator Kontras Haris Azhar menambahkan, pihak peradilan militer telah melanggar hak-hak prosedural para saksi yang diatur dalam UU tentang Perlindungan Saksi dan Korban. Denpom dianggap mengabaikan kondisi psikologis saksi dengan menolak permintaan pemberian kesaksian melalui sambungan jarak jauh (teleconference). Beberapa waktu lalu belasan anggota Kopassus Group II Kartosuro menyerang penjara Cebongan, Sleman, Yogyakarta. Mereka membantai empat tahanan, tersangka penganiaya bekas anggota Kopassus di sebuah cafe.

Editor: Suryawijayanti

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Belgia Kewalahan Hadapi Gelombang Pandemi

Penerimaan Masyarakat terhadap Vaksin Covid-19 Masih Rendah

Ronde 6 - Petani Tembakau

Kabar Baru Jam 8