Kementan Optimistis Harga Bawang dan Cabe Tak Naik

Kementerian Pertanian optimistis harga bawang merah dan cabe jelang Puasa dan Lebaran tidak mengalami kenaikan.

NASIONAL

Sabtu, 15 Jun 2013 23:05 WIB

Kementan Optimistis Harga Bawang dan Cabe Tak Naik

harga bawang, bawang merah, harga cabe, cabe naik

KBR68H, Jakarta - Kementerian Pertanian optimistis harga bawang merah dan cabe jelang Puasa dan Lebaran tidak mengalami kenaikan. Pasalnya, surplus produksi bawang merah dan cabe terjadi pada Puasa dan Lebaran nanti. Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Hasanudin Ibrahim mengatakan, perayaan keagamaan itu jatuh bertepatan dengan musim panen. Kata dia, jumlah komoditas akan melebihi kenaikan konsumsi masyarakat.


"Kebutuhan yang ada di masyarakat? Bawan merah rata-rata 80 ribu ton per bulan. Untuk cabe keriting, besar dan rawit total kebutuhan kurang lebih 100-110 ribu ton, untuk total empat macem per bulan. Pada bulan Juli-Agustus-September produksi rata-rata untuk bawang merah pada panen puncaknya, bulan itu bisa 120 ribu, di atas 20 ribu ton, jadi harusnya surplus. Aneka cabe bisa 150 ribu ton," ungkat


Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Hasanuddin Ibrahim juga menyarankan petani agar menjual produk mereka secara berkelompok dalam jumlah besar. Hal ini perlu dilakukan untuk meredam terjunnya harga jual ketika panen raya.



Editor: Fuad Bakhtiar




Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Membuat Minyak Goreng di Satu Harga