Ekosistem Laut di Teluk Lampung Terganggu Akibat Limbah Industri

KBR68H,Jakarta - LSM lingkungan Walhi Lampung menyatakan adanya ledakan pertumbuhan alga beracun di Teluk Lampung, disebabkan terganggunya ekosistem laut akibat maraknya pencemaran limbah industri.

NASIONAL

Jumat, 14 Jun 2013 14:01 WIB

Author

Danu Mahardika

Ekosistem Laut di Teluk Lampung Terganggu Akibat Limbah Industri

ekosistem laut, teluk lampung, limbah industri, walhi

KBR68H,Jakarta -  LSM lingkungan Walhi Lampung menyatakan adanya ledakan pertumbuhan alga beracun di Teluk Lampung, disebabkan terganggunya ekosistem laut akibat maraknya pencemaran limbah industri. Deputi Direktur Walhi Lampung, Supriyanto menduga pencemaran tersebut berasal dari 12 perusahaan yang berada disekitar teluk tersebut. Selain itu kata dia, pencemaran juga bisa berasal dari 14 sungai yang bermuara di Teluk Lampung.

"(Mengenai) adanya booming alga dan sebagainya, ini harus saya sampaikan, di wilayah teluk lampung itu ada 12 perusahaan yang ada di wilayah pesisir itu yang mau tidak mau sebenarnya berkontribusi dalam pencemaran diwilayah lampung itu. Hanya saja kadarnya yang belum bisa dihitung. kemudian tiap perusahaan ini berapa memberikan kontribusi pencemarannya," jelas Supriyanto kepada KBR68H, Jumat (14/6)

Sebelumnya Lembaga Ilmu Pengetahun Indonesia (LIPI) menyebutkan Teluk Lampung berpotensi mengalami ledakan pertumbuhan Alga Pirodinium yang dapat menyebabkan kematian pada manusia. Kematian terjadi jika manusia mengkonsumsi biota laut yang terkontaminasi alga beracun tersebut.

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

RS di Jalur Gaza Kewalahan Tampung Pasien Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Kisah Pendamping Program Keluarga Harapan Edukasi Warga Cegah Stunting

Siapkah Sekolah Kembali Tatap Muka?

Eps8. Food Waste