DKP: 65 % Alam Laut Kabupaten Alor Rusak Karena Bom Ikan

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Alor menyatakan 65 persen dari total 400 ribu Hektar luas alam laut Alor sudah rusak.

NASIONAL

Rabu, 05 Jun 2013 20:00 WIB

Author

Abu Pane

DKP: 65 %  Alam Laut Kabupaten Alor Rusak Karena Bom Ikan

kerusakan lingkungan, dkp, alor, portalkbr


KBR68H, Jakarta- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Alor menyatakan 65 persen dari total 400 ribu Hektar luas alam laut Alor sudah rusak. Staf Divisi Konservasi DKP Kabupaten Alor, Vidi Bahtiar mengatakan,penyebabnya karena maraknya penangkapan ikan dengan menggunakan bom molotov atau dengan membius ikan dengan zat-zat kimia. Untuk mecegah kerusakan alam laut yang lebih parah pemerintah daerah setempat dan warganya sudah menyepakati pembuatan daerah konservasi laut.


“Saat ini kami kan sedang membentuk kawasan konservasi tu, zonase, sudah dibentuk, sudah ada Pergub, Peraturan Bupatinya sudah ada, tinggal pengesahan dari Menteri lewat Kepmen. Ditingkat masyarakat sudah ada kesepakatan mengenai Zonase. Zonase kan ada empat, zona inti, zona penyangga, zona parawisata, dan zona pemamfaatan, “ ujar Vidi di Jakarta, Rabu (5/6).


Staff Divisi Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Alor Vidi Bahtiar menambahkan, daerah konservasi yang disepakati dengan warga meliputi tujuh tempat. Daerah konservasi itu berada di wilayah perairan yang melintasi desa Lapang Batang, Kagola, Nusa Kambing, dan Margeta. Dengan dibentukanya wilayah konservasi itu, diharapkan kondisi alam laut Alor kembali normal.


Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18