Delapan Asosiasi Perusahaan Bakal Laporkan Pelindo II ke KPPU

Ribuan perusahaan yang tergabung dalam delapan asosiasi perusahaan pelabuhan di seluruh Indonesia bakal melaporkan PT Pelindo II ke Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU).

NASIONAL

Kamis, 06 Jun 2013 12:33 WIB

Author

Abu Pane

Delapan Asosiasi Perusahaan Bakal Laporkan Pelindo II ke KPPU

pengusaha, monopoli, pelabuhan, PT Pelindo II, KPPU

KBR68H, Jakarta - Ribuan perusahaan yang tergabung dalam delapan asosiasi perusahaan pelabuhan di seluruh Indonesia bakal melaporkan PT Pelindo II ke Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU).

Rencana ini merupakan reaksi  perusahaan terhadap aksi monopoli Pelindo II yang telah merugikan perusahaan swasta di pelabuhan. Ketua Asosiasi Angkutan Khusus Pelabuhan, Gemilang Tarigan mengatakan, rencana tersebut saat ini tengah didiskusikan.

“Ini masih diskusi di bidang organisasi. Waktu itu sudah hadir di Kadin Indonesia, kita minta ke Kadin. Sebulan lalu sudah pernah dibahas di Kadin, ada juga Apindo di sana. Waktu itu KKPU minta supaya dilaporkan komprehensif dan bergulir,” jelas Gemilang saat dihubungi KBR68H, Kamis (6/6).

Ketua Asosiasi Angkutan Khusus Pelabuhan Gemilang Tarigan menambahkan, sejumlah organisasi perusahaan pelabuhan di Padang, Sumatera Barat sudah lebih dulu melaporkan Pelindo II ke KPPU Padang. Kasusnya pun kini sudah mulai di proses.

Sejumlah pengusaha jasa di pelabuhan Tanjung Priuk melakukan aksi mogok sebagai bentuk protes rencana monopoli yang dilakukan Pelindo II. Perusahaan tersebut berencana membuka sejumlah anak perusahaan. Namun Pelindo II membantah adanya monopoli. Anak perusahaan yang bakal dibuat nanti hanya menyediakan jasa layanan kapal tunda dan kapal pandu.

Editor: Antonius Eko

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Vaksinasi "Drive Thru" Pertama Indonesia

Pahlawan Gambut

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10