BI Klaim Nilai Rupiah Berangsur Stabil

Bank Indonesia (BI) mengklaim nilai tukar rupiah yang sempat anjlok hingga level Rp 10 ribuan kini sudah berangsur stabil.

NASIONAL

Kamis, 13 Jun 2013 20:25 WIB

Author

Abu Pane

BI Klaim Nilai Rupiah Berangsur Stabil

BI, nilai rupiah

KBR68H, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mengklaim nilai tukar rupiah yang sempat anjlok hingga level Rp 10 ribuan kini sudah berangsur stabil.

Deputi Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan agar stabilitas nilai rupiah terjaga, BI akan memastikan pasokan mata uang Dollar AS di Indonesia. Selain itu BI juga akan menekan  pembelian dan penjualan dollar AS di pasaran.

"Kita juga akan melakukan pendalaman pasar uang rupiah maupun falas dengan penguatan di berbagai istrumen yang sudah kita lakukan. Maupun kemarin kita juga melakukan lelang SBN. Ke depannya tentu saja akan dilakukan langkah-langkah untuk pendalaman pasar fals dan rupian," ujar Perry.

Pagi tadi nilai rupiah menguat ke level Rp 9 ribuan. Pengamat ekonomi sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih menyebutkan kondisi ini masih rawan pelemahan rupiah, sebab mata uang negara-negara di kawasan Asia juga turut melemah. Pelemahan ini sendiri merupakan imbas dari berlanjutnya krisis ekonomi di Eropa.

Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18