NASIONAL

BBM Naik, Kenaikan Harga Bahan Pokok Tak sampai 2 kali Lipat

BBM Naik, Kenaikan Harga Bahan Pokok Tak sampai 2 kali Lipat
bahan pokok, bbm naik, pasar

KBR68H, Jakarta - Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) memperkirakan kenaikan harga bahan pokok saat harga BBM bersubsidi naik tidak akan mencapai dua kali lipat.

Sekjen APPSI Ngadiran beralasan besaran kenaikan bahan pokok seperti sayuran ditentukan oleh masing-masing petani yang memiliki perbedaan dalam menentukan harga.

"Tentunya dari produsen, dari petani, dia memproduksi misalnya jumlahnya stabil agar produknya bagus terus dan baik. Tapi tentu ada faktor yang mempengaruhi misalnya, dari angkutan kemudian dari ongkos kerja. Kuli misalnya, mungkin sehari dibayar Rp 15.000-Rp 20.000, kalau biaya hidup nambah tentu dia juga tidak mau dibayar Rp 20.000," kata Ngadiran saat dihubungi KBR68H, Sabtu (16/6).

Sebelumnya, menjelang naiknya harga BBM beberapa harga sembako dan sayuran mengalami kenaikan hingga 50%. Pekan depan rencananya DPR akan memutuskan kenaikan harga BBM bersubsidi hingga Rp 6.500. DPR juga sepakat dengan kebijakan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

  • bahan pokok
  • bbm naik
  • pasar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!