NASIONAL

BBM Naik, Angka Bantuan Siswa Miskin Meningkat

"KBR68H, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh menyatakan jumlah siswa penerima program bantuan siswa miskin atau BSM meningkat hingga hampir 2,5 kali lipat."

Bambang Hari

BBM Naik, Angka Bantuan Siswa Miskin Meningkat
bantuan siswa miskin, bbm naik, portalkbr.com

KBR68H, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh menyatakan jumlah siswa penerima program bantuan siswa miskin atau BSM meningkat hingga hampir 2,5 kali lipat. Kata dia, peningkatan ini merupakan dampak dari penaikan harga bahan bakar minyak atau BBM bersubsidi. Selain jumlah penerima yang meningkat, ia juga menyebutkan bahwa jumlah bantuan yang akan diterima oleh siswa akan bertambah. (Baca: Pemerintah Bakal Tambah Bantuan Siswa Miskin)

"Jumlahnya tadinya yang 5,9 juta siswa, sekarang naik menjadi 13,5 juta siswa. Jadi naik hampir sekitar 2,5 kali kenaikannya. Unit cost-nya juga naik. Tadinya SD itu 360 ribu menjadi 450 ribu, yang SMP 550 ribu menjadi 750 ribu. Insya Alloh kita siapkan distribusinya mulai Bulan Juli. Setelah tahun ajaran baru dimulai," jelas Muhammad Nuh.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memutuskan untuk menggelontorkan uang untuk siswa dari keluarga miskin mulai akhir Juli 2013. Ini dilakukan sebagai bagian dari kebijakan kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM bersubsidi.

Saat ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Tim Nasional Percepatan Pengentasan Kemiskinan (TNP2K), tengah menyelaraskan data siswa penerima bantuan pendidikan untuk memastikan pemberian bantuan tepat sasaran.


Editor: Nanda Hidayat

  • bantuan siswa miskin
  • bbm naik
  • portalkbr.com

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!