NASIONAL

Aktivis Segel Kantor KIP

"Sekelompok masyarakat yang tergabung dalam Koalisi Freedom Of Information Network Indonesia menyegel Kantor Komisi Informasi Pusat (KIP) di Jakarta."

Sindu Darmawan

Aktivis Segel Kantor KIP
Komisi Informasi Pusat, segel, komisioner, SBY

KBR68H, Jakarta - Sekelompok masyarakat yang tergabung dalam Koalisi Freedom Of Information Network Indonesia menyegel Kantor Komisi Informasi Pusat (KIP) di Jakarta.

Perwakilan Koalisi dari ICW, Tama S Langkun mengatakan aksi ini adalah bentuk desakan kepada Presiden SBY agar mempercepat proses seleksi komisioner baru KIP. Kata dia, Presiden harus segera mengambil sikap agar kumpulan kasus sengketa informasi publik tidak terkatung-katung. Sebab masa jabatan KIP belum diperpanjang.

"Sekarang kasus-kasus yang sudah teregistrasi di Komisi Informasi dan sudah memasuki proses ajudikasi itu sekarang terkatung-katung. Karena boleh jadi komisioner sekarang diharamkan untuk melakukan sidang. Jangan sampai nanti kemudian keputusan yang diambil komisioner itu inkonstitusional atau ilegal. Maka dari itu kita menyegel. Ini sebenarnya teguran peringatan bagi presiden untuk segera mengambil sikap," ujar Tama kepada KBR68H, Rabu (5/6)

Tama S langkun menambahkan penyegelan ini bukan untuk memperlemah KIP. Ini justru merupakan bentuk dukungan terhadap KIP agar segera memiliki pimpinan dan pengurus baru. Sebab masa jabatan anggota KIP telah habis pada 2 Juni lalu.

Presiden belum telat memberikan nama calon anggota KIP baru kepada DPR. Padahal nama calon anggota KIP baru sudah diberikan ke Presiden sejak 22 April.

Editor: Antonius Eko 

  • Komisi Informasi Pusat
  • segel
  • komisioner
  • SBY

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!