NASIONAL

Kemendagri Minta Pemda Fokuskan Belanja untuk Kendalikan Inflasi

"“Kita tidak boleh kalah dengan kenaikan harga komoditas dengan alasan musim.""

Pengendalian inflasi
Pasar murah rangkaian acara Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Tabanan, Bali, Rabu (17/05/23). (Antara/Nyoman Hendra Wibowo)

KBR, Jakarta- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta pemerintah daerah agar memfokuskan anggaran belanja pada pengendalian inflasi.Hal itu disampaikan Inspektur Jenderal Kemendagri Tomsi Tohir Balaw dalam acara Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Medan, Sumatera Utara, Rabu (31/5/2023).

Menurutnya, APBD bisa dialokasikan untuk pengembangan pertanian hingga perbaikan jalan untuk kelancaran distribusi produk pangan.

“Para kepala daerah bisa memfokuskan anggaran belanjanya dari hulu ke hilir yang berkaitan dengan inflasi ini. Khususnya yang menyangkut pemberdayaan masyarakat dan petani, kemudian perbaikan infrastruktur jalan yang berkaitan dengan produk-produk unggulan daerah,” ujar Tomsi.

Baca juga:

- Telur Melambung, Pemerintah Didorong Gelar Operasi Pasar

- Satgas Pangan Beberkan Sebab Harga Telur Naik

Irjen Kemendagri Tomsi Tohir Balaw juga meminta seluruh kepala daerah agar memastikan stabilitas harga komoditas pangan di pasar. Misal telur, cabai dan beras yang saat ini tengah mengalamin kenaikan.

“Kita tidak boleh kalah dengan kenaikan harga komoditas dengan alasan musim. Tentunya hal tersebut merupakan bagian dari kendala yang harus kita atasi bersama,” kata Tomsi.

Editor: Rony Sitanggang

  • telur ayam
  • inflasi
  • APBD

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!