NASIONAL

Kemenag Bertekad Tingkatkan Layanan untuk Jemaah Haji Lansia

"Arsyad menambahkan, seluruh layanan jemaah haji untuk Lansia sudah cukup siap. "

Lansia

KBR, Jakarta - Kementerian Agama bertekad meningkatkan layanan kesehatan ibadah haji tahun ini untuk jemaah lanjut usia. Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Arsyad Hidayat mengungkapkan, 30 persen dari total jemaah haji asal Indonesia tahun ini merupakan Lansia.

"100 persen (layanan haji) siap. Kondisi jemaah haji Indonesia 2023 ini 30 persen terdiri dari lansia, maka layanan kesehatan kita pun harus kite perkuat. Implementasinya dengan membentuk layanan-layanan satelit kesehatan yang kita dirikan di setiap hotel tempat jemaah haji tinggal. Haji ramah lansia ini terimplementasi dari segala bidang pelayanan. Mulai dari SDM yang mereka memang kita latih betul bagaimana punya visi misi melayani jemaah-jemaah lansia," ujar Arsyad Hidayat , Kepada KBR, Selasa (23/5/2023).

Arsyad menambahkan, seluruh layanan jemaah haji untuk Lansia sudah cukup siap. Termasuk, kelengkapan data kesehatan jemaah dan penambahan jumlah kursi roda. Adapun jumlah petugas haji tahun ini mencapai lebih dari 4 ribu orang.

Baca juga:

- Besok, Penerbangan Perdana Gelombang Satu Jemaah Haji

- Lebih 24 Ribu Calon Jemaah Haji Belum Lunas, Kemenag akan Alihkan ke Cadangan

Sebelumnya, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Data, dan Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Agama Akhmad Fauzin mengingatkan, suhu udara di Madinah, Arab Saudi mencapai 41 derajat celsius. Untuk itu, seluruh jemaah haji agar selalu menjaga kesehatan, beristirahat yang cukup, dan makan tepat waktu serta banyak mengonsumsi air minum selama beribadah haji.

Editor: Fadli

  • Haji 2023
  • Lansia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!