NASIONAL

FOMO Sapiens : Giveaway Mr. Beast dan Keterwakilan Perempuan dalam Pemilu 2024

"Peraturan KPU (PKPU) Nomor 10 Tahun 2023 mengancam potensi keterwakilan perempuan dalam Pemilu 2024."

FOMO Sapiens : Giveaway Mr. Beast dan Keterwakilan Perempuan dalam Pemilu 2024

KBR, Jakarta – Pekan ini ajang Giveaway dari Youtuber Mr. Beast ramai diikuti banyak orang lantaran hadiahnya yang fantastis. Apakah semudah itu menjadikan warganet sebagai komoditas?

Peraturan KPU (PKPU) Nomor 10 Tahun 2023 mengancam potensi keterwakilan perempuan dalam Pemilu 2024. Lebih lanjut dibahas bareng Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Khoirunnisa Nur Agustyati.

1. Giveaway Mr. Beast

YouTuber asal Amerika Serikat, Mr. Beast mengajak para penggemarnya untuk turut berbahagia, di hari ulang tahunnya yang ke-25. Ia mengadakan giveaway untuk followers-nya dari berbagai penjuru dunia. Pria kelahiran 7 Mei 1998 ini, bagi-bagi uang senilai USD 50.000 atau sekitar Rp736 juta untuk 5 orang pemenang. Namun, belakangan postingan giveaway tersebut dihapus oleh Instagram.

Baca juga : Merebut Ruang Sipil di Internet untuk Perubahan


2. Keterwakilan Perempuan dalam Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akhirnya merevisi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 10 tahun 2023 yang mengatur tentang keterwakilan perempuan dalam pencalegan pemilu 2024. Perubahan itu merujuk pada cara penghitungan 30 persen legislatif yang sebelumnya dilakukan pembulatan ke bawah jika dua tempat desimal di belakang koma bernilai di bawah 50. Hasil revisi yang telah disepakati oleh para pihak penyelenggara Pemilu tersebut memutuskan untuk melakukan pembulatan ke atas bagi hitungan yang menghasilkan angka pecahan.

Baca juga : Keterwakilan Perempuan Terancam di Pileg 2024

Dengarkan bahasan selengkapnya di FOMO Sapiens pekan ini bersama Ian Hugen dan Aika Renata. Akan ada juga obrolan soal eksploitasi perempuan dalam dunia kerja.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke [email protected]

  • #podcast
  • #FOMOSapiens
  • #pemilu2024
  • #perludem
  • #giveaway
  • #warganet
  • #perempuan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!