Bagikan:

Ribuan Pemudik Melintas Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Bandara Soetta Mulai Landai

NASIONAL

Minggu, 01 Mei 2022 15:19 WIB

Pemudik di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon masih mengular sampai Sabtu (30/4/2022).(Foto: Stevano Lilin

Pemudik di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon masih mengular sampai Sabtu (30/4/2022).(Foto: Stevano Lilinger)

KBR, Jakarta - Ribuan pemudik telah melintas Pelabuhan Yos Sudarso, di Ambon. Sampai Sabtu (30/4/2022) kemarin, ribuan penumpang masih tampak mengular mengantre. 

Mayoritas pemudik mengarah ke Bau-bau, Sulawesi Tenggara serta Makassar, Sulawesi Selatan, dengan memakai KM Ngapulu atau KM Tidar. Dari data yang diperoleh penumpang yang naik KM Tidar jumlahnya 1.014 orang, sementara untuk penumpang yang tiba mencapai 791 orang. KM Tidar yang mengangkut ribuan penumpang menuju Namlea, Bau-Bau dan juga Makassar.

Baca juga: Kemenhub Respons Keluhan Pemudik

Hari ini, Minggu (1/5/2022) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau arus mudik di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Dikutip dari Antara, jumlah pemudik di hari ini, Minggu (1/5/2022) sudah mulai landai dengan jumlah yang lebih sedikit dibandingkan pada H-3 sebesar 1.054 penerbangan dan 141 ribu penumpang. 

Meski begitu, jumlah pemudik di Bandara Soekarno-Hatta tahun ini tercatat lebih tinggi dibandingkan pada Lebaran 2019 lalu. "Ini menandakan kegiatan ekonomi sudah mulai bergerak," kata Menhub. 

Sementara itu, sebanyak 35 ribu orang berangkat dari Stasiun Kereta Api di Jakarta ke berbagai tujuan pada hari ini. “Volume keberangkatan pengguna jasa, baik dari Stasiun Gambir ataupun Stasiun Pasar Senen masih tinggi,” kata Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, Eva Chairunissa, seperti dikutip dari Antara. Menurut Eva, puncak keberangkatan pemudik dari Daop 1 Jakarta adalah 27 April hingga 1 Mei 2022.

“Untuk keberangkatan pra-Lebaran, yakni mulai 22 April sampai 1 Mei, dari Daop 1 Jakarta memberangkatkan rata-rata sekitar 128 KA tambahan untuk mengakomodir kebutuhan pengguna jasa,” tambah Eva.

Editor: Citra Dyah Prastuti 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Edu Talk IV YPA-MDR: Go Digital Melalui Media Ajar Interaktif