Bagikan:

Menkes: Selama Pandemi 1,7 Juta Bayi Tak Dapat Imunisasi Dasar

Kemenkes menargetkan 85 persen dari 1,7 juta bayi yang belum mendapat imunisasi lengkap bisa segera mendapatkannya tahun ini.

NASIONAL

Kamis, 12 Mei 2022 16:48 WIB

Author

Heru Haetami

Menkes: Selama Pandemi 1,7 Juta Bayi Tak Dapat Imunisasi Dasar

Pemberian imunisasi rubella pada murid TK di Manado. (02/08/2018). FOTO: Antara.

KBR, Jakarta- Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, sejak pandemi Covid-19 mewabah jutaan bayi belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap. Jumlah ini tersebar di berbagai wilayah di tanah air.

"Selama periode 2019-2021 terdapat 1,7 juta bayi yang belum mendapatkan imunisasi dasar. Terlihat ada peningkatan jumlah kasus penyakit-penyakit yang sebenarnya bisa dicegah melalui imunisasi," kata Budi dalam acara "Bulan Imunisasi Anak" secara daring, Kamis (12/5/2022).

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyebut, jutaan bayi yang belum menerima imunisasi dasar lengkap itu tersebar di beberapa wilayah seperti Jawa Barat, Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, dan DKI Jakarta.

Ia menambahkan, pelaksanaan imunisasi anak terhambat lantaran tidak adanya aktivitas Posyandu selama pandemi. Kata dia, sebanyak 70 persen Posyandu di tanah air tidak aktif, karena petugas pelayanan kesehatan di daerah terfokus pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Untuk itu, Kementerian Kesehatan tengah mereaktivasi 300 ribuan posyandu yang tersebar di Indonesia. Di mana targetnya pada tahun ini sebanyak 80 persen Posyandu sudah bisa melayani masyarakat, dan tahun depan semua Posyandu dilengkapi fasilitas pendukung baru.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, kementeriannya menargetkan 85 persen dari 1,7 juta bayi yang belum mendapat imunisasi lengkap bisa segera mendapatkannya tahun ini.

"Berpengalaman dari vaksinasi Covid-19, saya rasa ini tidak terlalu susah. Asalkan ada keseriusan dan dukungan dari pemerintah daerah," kata Maxi.

Baca juga:

Tiarap Saat Pandemi, Kemenkes Aktifkan Lagi Layanan Posyandu

KLB di Beberapa Daerah, ITAGI: Segera Lengkapi Imunisasi Dasar Anak

Editor: Dwi Reinjani

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Season 5 - Eps. 9 Gunn & Hans