NASIONAL

Lolos Seleksi Tahap Dua, 50 Nama Calon Anggota Komnas HAM

Calon Anggota Komnas HAM

KBR, Jakarta - Sebanyak 50 nama lolos seleksi tahap kedua dalam proses seleksi calon anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Wakil Ketua Panitia Seleksi, Kamala Chandrakirana mengatakan 50 orang itu dipilih dari hampir 100 nama yang mendaftar anggota Komnas HAM.

"Panitia seleksi calon anggota Komnas HAM RI 2022-2027 atau pansel, hari ini secara resmi mengumumkan hasilnya melalui surat pengumuman. Di mana pansel menyatakan sebanyak 50 orang peserta seleksi telah lolos ke tahap seleksi selanjutnya," ujar Kamala dalam konferensi pers daring, Jumat (27/5/2022).

Kamala mengatakan dari nama-nama itu, terdapat 9 orang perempuan atau 18 persen dari jumlah yang lolos. Mereka memiliki latar belakang beragam seperti aktivis, advokat, akademisi, jurnalis, ASN hingga polisi. Ada juga anggota petahana Komnas HAM yang mendaftar kembali.

Baca juga:

- Kasus Penyiksaan di Bekasi, Komnas HAM: Polisi Beri Keterangan Bohong

- Penyelesaian Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu Tergantung Political Will Presiden


Para calon selanjutnya akan mengikuti tes berikutnya yaitu dialog publik tatap muka. Kepengurusan Komnas HAM saat ini akan berakhir November 2022 mendatang.

Editor: Fadli Gaper

  • Komnas HAM
  • Pansel Komnas HAM
  • HAM

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!