NASIONAL

Jokowi: Ganjil Genap dan Satu Arah Kembali Diberlakukan agar Arus Balik Nyaman

"Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah akan selalu berupaya untuk melakukan yang terbaik untuk mengatur perjalanan arus balik dengan manajemen lalu lintas untuk mengurai kemacetan."

Arus balik
Kendaraan memadati ruas tol Jagorawi di kawasan Cibubur Jakarta Timur di hari kedua lebaran, Selasa (3/5/2022). (Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengingatkan agar para pemudik yang ingin kembali ke ibu kota agar dapat menghindari puncak arus balik.

Jokowi mengatakan, puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada tanggal 6,7 dan 8 Mei 2022 nanti.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik dan agar kita semua nyaman di perjalanan saya mengimbau, saya mengajak bapak, ibu dan saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal. Atau kembali setelah puncak arus balik. Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja," kata Jokowi dalam keterangan pers, Selasa (3/5/2022).

Jokowi menegaskan, bahwa pemerintah akan selalu berupaya untuk melakukan yang terbaik untuk mengatur perjalanan arus balik dengan manajemen lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

"Kebijakan ganjil genap, aturan satu arah atau one way, dan larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan, semua dilakukan agar masyarakat tetap nyaman," kata dia.

Baca juga:

Kebijakan ganjil genap serta jalan satu arah diberlakukan antara KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung Semarang hingga KM 47 Tol Jakarta-Cikampek. Namun kebijakan ini bersifat situasional atau diskresi Polri.

Apabila kepadatan di Gerbang Tol Kalikangkung semakin memanjang, maka one way akan diberlakukan semenjak KM 442 Gerbang Tol Bawen.

Berikut jadwal ganjil-genap untuk arus balik lebaran 2022 untuk 6 hingga 8 Mei 2022.

1. Jumat, 6 Mei 2022 

  • Pukul 14.00 - 24.00 WIB 
  • KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung s.d. KM 47 Tol Jakarta - Cikampek 

2. Sabtu, 7 Mei 2022

  • Pukul 14.00 - 24.00 WIB 
  • KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung s.d. KM 3 Gerbang Tol Halim 

3. Minggu, 8 Mei 2022 

  • Pukul 14.00 - 24.00 WIB 
  • KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung s.d. KM 3 Gerbang Tol Halim

Editor: Agus Luqman

  • Arus Balik
  • Lebaran 2022
  • Jokowi
  • mudik lebaran

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!