Bagikan:

Cek Fakta: WNA dari Tiongkok Penghuni IKN Berdatangan dengan Pakaian Adat Dayak Kalimantan?

Top three hoax of the week yang beredar dari tanggal 30 April - 6 Mei 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID

NASIONAL

Senin, 09 Mei 2022 22:35 WIB

Author

Don Brady

Cek Fakta: WNA dari Tiongkok Penghuni IKN Berdatangan dengan Pakaian Adat Dayak Kalimantan?

Sebuah akun Facebook mengunggah video dengan klaim bahwa orang-orang yang ada dalam pesawat tersebut merupakan warga Tiongkok calon penghuni ibu kota baru yang menggunakan pakaian adat tradisi suku Dayak. Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 30 April - 6 Mei 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID:

Video dan Narasi soal Presiden Rusia Vladimir Putin Memainkan Piano degan Lagu Aisah

Beredar sebuah video yang menampilkan Presiden Rusia Vladimir Putin sedang memainkan piano. Dalam video yang diunggah di akun Facebook tersebut juga menampilkan tulisan "Song Aisah Istri Rosululloh from Vladimir Putin, Walaupun Dia Bukan Beragama Islam tpi Kecintaannya serta Rasa Hormatnya kepada Umat ISLAM Sangat Tinggi, Dan Menjunjung Tinggi Rasa Toleransi."


Foto dan Narasi soal Paus Fransiskus Seolah Berada di Kuil Setan

Beredar sebuah unggahan foto di media sosial Twitter yang menunjukkan Paus Fransiskus seolah sedang berada di Kuil Setan Lucifer di Kolombia. Ditambah narasi yang menyiratkan seakan-akan Paus telah beralih dan dunia menutup mata karena tidak percaya. Melalui gambar tersebut pengunggah berusaha menunjukkan bukti Paus berada di Kuil Setan dengan salib terbaik dan berdiri di atas bintang pentagram setan.


Video dan Narasi soal WNA dari Tiongkok Penghuni IKN Sudah Mulai Berdatangan dengan Pakaian Adat Dayak Kalimantan

Sebuah akun faceebook mengunggah video dengan klaim bahwa orang-orang yang ada dalam pesawat tersebut merupakan warga Tiongkok calon penghuni ibu kpta baru yang menggunakan pakaian adat tradisi suku Dayak.

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Don Brady dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini:

Kami menantikan masukan kamu lewat: podcast@kbrprime.id sampai jumpa di episode berikutnya!

Baca Juga:

Cek Fakta: Pembina Brimob Saat Ini Namanya Thahir Alias Ang Tjoeng Ming?

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Season 5 - Eps. 9 Gunn & Hans