Bagikan:

Cek Fakta : Benarkah 212 Mart Sponsor Resmi Ajang Formula E?

Top three hoax of the week yang beredar dari tanggal 21 -27 Mei 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID

NASIONAL

Senin, 30 Mei 2022 22:15 WIB

Author

Don Brady

Cek Fakta : Benarkah 212 Mart Sponsor Resmi Ajang Formula E?

Sebuah akun Facebook mengunggah postingan berupa narasi yang mengklaim bahwa 212 Mart merupakan sponsor resmi ajang balap Formula E yang akan dilangsungkan di Jakarta pada Juni 2022 mendatang. Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 21 - 27 MEI 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID: 


Narasi adanya Mobil Esemka Gaib Beredar di Jakarta

Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang memperlihatkan tampak belakang mobil pikap dengan plat nomor kendaraan B 9016 WAI. Mobil dalam video itu diklaim sebagai mobil gaib dengan plat nomor yang disebut menyerupai kata "goib". Selain itu juga ditambah narasi yang menyebut bahwa setelah dicek mobil pikap dengan merek Esemka ini tidak terdaftar dan tidak ada pemiliknya. 

Tangkapan Layar Berita Mirip Tribun Manado dengan Judul “Cemburu dengan Adik Baru Lahir, Kakak olesi Racun di Puting Ibu”

Sebuah akun facebook mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar dari berita Tribun Manado yang berjudul “Diduga cemburu dengan adik kandung yang baru lahir, sang kakak nekad olesi racun di puting ibunya.” Foto tersebut tidak mencantumkan waktu dan tanggal berita itu dimuat.

Narasi soal 212 Mart adalah Sponsor Resmi Ajang Formula E

Sebuah akun Facebook mengunggah postingan berupa narasi yang mengklaim bahwa 212 Mart merupakan sponsor resmi ajang balap Formula E yang akan dilangsungkan di Jakarta pada Juni 2022 mendatang.

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Don Brady dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini: 

Kami menantikan masukan kamu lewat: podcast@kbrprime.id sampai jumpa di episode berikutnya!

Baca Juga:

Cek Fakta: Benarkah China akan Ambil Alih Kalimantan?

Cara Menghadapi Hoaks di Grup WhatsApp Keluarga

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

RAPBN 2023, Penanganan Pandemi Tak Lagi Jadi Prioritas?

Most Popular / Trending