TPNPB Tetapkan Lokasi Perang dengan TNI-Polri di Papua

Sebby balik menuding aparat TNI-Polri melakukan operasi di perkampungan penduduk.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 27 Mei 2021 15:00 WIB

Author

Wahyu Setiawan

TPNPB Tetapkan Lokasi Perang dengan TNI-Polri di Papua

Ilustrasi penembakan di Papua.

KBR, Jakarta- Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) mengklaim telah menetapkan lokasi perang melawan TNI-Polri di Papua. Juru Bicara TPNPB Sebby Sambom mengatakan lokasi itu berada di muara Ilaga, Kabupaten Puncak. Sebby menyebut perang itu merupakan tahapan revolusi di Bumi Cendrawasih.

Sebby sudah mengirim pesan ke TNI-Polri untuk menuju ke lokasi perang. Namun dia mengklaim, hingga siang ini TNI-Polri tak kunjung menunjukkan diri.

"Itu pun sampai detik ini Pasukan Setan TNI/Polri belum masuk area perang," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima KBR, Kamis (27/5/2021).

Sebby balik menuding aparat TNI-Polri melakukan operasi di perkampungan penduduk. Dia meminta aparat TNI-Polri tak mengganggu aktivitas rakyat sipil Papua di Ilaga.

Eskalasi Meningkat 

Eskalasi konflik di Papua kian memanas usai Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua I Gusti Putu Danny Karya Nugraha tewas tertembak dalam kontak senjata dengan TPNPB, 25 April lalu.

Pemerintah kemudian menetapkan kelompok bersenjata di Papua sebagai teroris. Bukannya mereda, kontak senjata di Papua justru terus terjadi usai pelabelan teroris itu.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan TNI-Polri akan melakukan tindakan cepat, tegas, dan terukur.

Editor: Sindu Dharmawan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kiat Menjalani Isolasi Mandiri bagi Remaja Terinfeksi COVID-19

Bantu Sesama di Masa Pandemi

Kabar Baru Jam 8

Demi Oksigen Somasi Dilayangkan