Salat Idulfitri di Jakarta dan Sekitarnya Dianjurkan di Rumah Masing-Masing

Ini untuk menghindari potensi penularan lintas wilayah dan semua dianjurkan berada di lokasi yang sama.

BERITA | NASIONAL

Selasa, 11 Mei 2021 11:44 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Salat Idulfitri di Jakarta dan Sekitarnya Dianjurkan di Rumah Masing-Masing

Ilustrasi pemeriksaan suhu tubuh jelang salat di Masjid Al Akbar, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (31/7/2020). Foto: ANTARA

KBR, Jakarta- Salat Idulfitri di area Jakarta dan sekitarnya dianjurkan dilaksanakan di rumah masing-masing. Hal itu diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai menggelar rapat koordinasi dengan kepala daerah Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur, Senin, 10 Mei 2021.

"Salat Idulfitri dianjurkan di rumah masing-masing. Dan bagi warga yang melaksanakan salat di luar rumah, maka dianjurkan untuk melaksanakannya di tempat salat Id setempat. Jangan pergi jauh untuk sekadar melaksanakan salat Id, supaya lokasi-lokasi kegiatan salat adalah lokasi yang dikunjungi orang setempat. Ini untuk menghindari potensi penularan lintas wilayah dan semua dianjurkan berada di lokasi yang sama," kata Anies di Balai Kota, Senin (10/5/2021).

Gubernur Jakarta Anies Baswedan menambahkan, lokasi salat Id di masjid dan di lapangan harus menerapkan protokol kesehatan, dengan kapasitas 50 persen.

Halalbihalal Virtual

Dalam rapat koordinasi antardaerah itu, juga disepakati anjuran agar masyarakat tidak saling mengunjungi dalam momentum Lebaran, meski dalam wilayah yang sama.

"Ini menjawab yang selama ini sering menjadi diskusi bahwa saling mengunjungi dalam kampung, antarkampung, maupun antarkelurahan, antarkecamatan tidak dianjurkan," sambungnya.

Kegiatan halalbihalal dan open house juga ditiadakan tahun ini. Kegiatan seperti silahturahmi, mendatangi tokoh masyarakat, tokoh agama, teman, dan saudara, dianjurkan menggunakan media virtual.

Hal yang sama juga berlaku ketika dimulainya kegiatan perkantoran selepas Lebaran, diharapkan tidak ada halalbihalal dalam jumlah banyak untuk memutus mata rantai Covid-19.

Editor: Sindu Dharmawan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Mencari Solusi Krisis Pengelolaan Sampah di Indonesia

Kabar Baru Jam 8

Inspirasi Bisnis dari Aerostreet

Kian Merebak Covid Varian Delta